Sukses

Cedera Hamstring? Begini Penanganan Pertamanya

Fisioterapis wanita Indonesia ini berbagi tips tentang menangani cedera hamstring.

Liputan6.com, Jakarta - Para atlet, khususnya pemain sepakbola tidak jarang mengalami cedera, baik ketika berlatih atau tengah bertanding. Cedera hamstring adalah jenis cedera yang cukup banyak diderita oleh pesepakbola.

Fortunella Levyana, salah satu fisioterapis wanita Indonesia, mengungkapkan bagaimana cedera hamstring bisa terjadi. Bukan hanya itu, dia juga berbagi tips tentang penanganan pertama untuk mereka yang mengalami cedera hamstring.

Menurut wanita yang akrab disapa Nella ini, cedera hamstring merupakan jenis cedera otot. Dia menambahkan, cedera hamstring biasanya terjadi karena otot belum siap untuk melakukan kontraksi.  

"Cedera hamstring karena otot yang belum siap untuk kontraksi secara terus menerus dan intensitas tinggi (dalam latihan atau pertandingan), berupa menendang bola, lari atau sprint," terang Nella kepada Liputan6.com.

Lalu, bagaimana cara penanganan atau tindakan pertama terhadap atlet atau pemain  yang terkena cedera hamstring? Nella menjelaskan, yang penting harus diketahui adalah bagian hamstring mana dari pemain yang menderita cedera.

Menurut mantan fisioterapis Pelita Bandung Raya (PBR) ini, bagian hamstring yang cedera perlu diketahui untuk menentukan program pemulihan efektif. Sebab, Nella melanjutkan, penanganan cedera apapun harus sesuai dengan protokol yang ada.   

"Penggunaan Ice pada fase akut cedera hamstring sudah sangat populer di kalangan pesepakbola," papar Nella.  

"Akan tetapi, masih banyak serangkaian tindakan atau program spesifik yang harus diberikan ke pemain dengan cedera hamstring agar tidak mengalami cedera kambuhan," ujar dia. (Win/Jnp)

Baca Juga

Chelsea Pecudangi Arsenal di Stamford Bridge

Ivanovic Jadi Kapten Baru Chelsea?

Mourinho Yakin Hazard Bakal Subur Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini