Sukses

Wasit Persebaya Vs SFC Blak-blakan Soal Makian Terhadap Pedro

Persebaya Surabaya geram dengan sikap Oki Dwi Putra saat memimpin duel melawan Sriwijaya FC, Minggu (20/9/2015).

Liputan6.com, Jakarta Wasit yang memimpin pertandingan Persebaya United kontra Sriwijaya FC pada leg pertama babak perempat final Piala Presiden 2015, Oki Dwi Putra, akhirnya angkat bicara seputar tudingan miring yang dialamatkan kepada dirinya. Oki saat dihubungi mengaku mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan saat salah seorang penyerang Bajul Ijo Pedro Javier terjatuh dalam perebutan bola dengan penyerang Laskar Wong Kito, Titus Bonai, Minggu (20/9/2015). 

Oki saat dihubungi Liputan6.com mengatakan, insiden itu berlangsung pada menit ke-73. Menurutnya saat kejadian, Pedro justru yang menabrak Tibo. Namun insiden itu justru membuat Pedro terjatuh. "Tentu saja Bonai tidak terima karena Pedro seperti diving," kata Oki, Senin (21/9/2015).

"Saya yang kebetulan melihat kejadian itu spontan menggerutu 'Ih an**ng, gitu aja jatuh'," jelas Oki.

Menurut Oki saat menggeruti itulah ada pemain Persebaya yang lewat dan dengar. Pemain itu lalu memprotes Oki. 

"Saya jelaskan, saya tidak memaki Pedro, saya hanya menggerutu. Sama seperti halnya saat ada kejadian lain, saya selalu menggerutu. Kebetulan saja didengar pemain Persebaya lain yang lewat dan menjadi besar. Saya sendiri yakin Pedro malah tidak dengar, karena jarak yang cukup jauh," tambahnya.

Oki menambahkan saat water break, pemain Persebaya tersebut lalu melapor ke timnya. Jandri Pitoy sebagai kapten Persebaya lalu menemuinya untuk minta penjelasan. "Pak Gede Widiade juga marah-marah ke saya, tapi akhirnya setelah saya jelaskan," kata Oki.

"Di akhir pertandingan pak Gede dan saya pun saling memaafkan," jelasnya.

Sikap Oki memag telah memicu kemarahan di kubu Persebaya. Pelatih Persebaya Ibnu Grahan usai pertandingan menyampaikan kekecewaannya atas sikap tersebut. Namun pihak promotor, Mahaka Sports and Entertainment, mengaku tidak ingin asal mengambil keputusan terkait insiden ini. Mereka menanti surat protes resmi dari pihak Persebaya untuk mendapat bukti dan penjelasan kuat soal insiden itu.

"Saya selalu siap jika nantinya dipanggil pihak promotor, Persebaya dan Asosiasi Wasit. Saya siap menjelaskan semuanya," ujar Oki. (Ton/Rco)

Baca juga:

Jadwal Lengkap Leg 2 Perempat Final Piala Presiden

Martial Bikin Van Gaal Pusing

Tukang Jagal Luke Shaw Kembali Makan Korban

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.