Sukses

Bakal Cetak Rekor Baru, Kiper Madrid Beberkan Resep Suksesnya

Tinggal hitungan menit, Navas bakal kalahkan rekor kiper legendaris Real Madrid, Iker Casillas.

Liputan6.com, Madrid - Kiper Real Madrid, Keylor Navas telah melebihi rekor kiper legendaris Madrid, Miguel Angel yang mencetak 4 clean sheets dalam 4 laga perdana La Liga. Miguel Angel melakukan itu pada musim 1975-1975, atau 40 tahun lalu.

Navas bakal mencetak rekor baru lagi jika dirinya diturunkan pelatih Rafael Benitez saat Los Blancos (sebutan Madrid) melawan Athletic Bilbao di San Mames Stadium, Kamis (24/9/2015) dinihari WIB.

Ya, kiper berusia 28 tahun itu sudah mencetak 4 clean sheets dari 4 pertandingan dengan durasi permainan selama 450 menit di La Liga musim ini. Navas membutuhkan 11 menit lagi untuk mengalahkan rekor clean sheets Casillas yang berdurasi selama 460 menit.

Seperti dikutip dari Football Espana, kiper yang hampir saja dijadikan alat tukar oleh Madrid demi mendapatkan penjaga gawang Manchester United, David De Gea itu mengungkapkan kunci suksesnya mengawal gawang Los Blancos.

Keylor Navas

"Kuncinya adalah konsentrasi. Jika Anda menghadapi 15 sepakan, yang harus Anda lakukan adalah menghentikan semua tendangan itu dengan baik. Jika ada dua tembakan dalam satu kesempatan, Anda harus bereaksi dengan baik," tutur dia.

"Selain itu, seorang kiper juga harus mengatur pertahanan jika tidak melihat lawan. Hal itu dilakukan untuk memberitahu para pemain bertahan agar tidak terlalu terbuka," sambung kiper Timnas Kosta Rika tersebut.

Dalam 4 laga awal bersama Los Blancos (sebutan Madrid), Navas melakukan 7 penyelamatan. Statistik mengatakan, setidaknya 75 persen bola hasil sepakan pemain lawan berhasil ditangkap oleh Navas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan dengan Casillas

Mantan penjaga gawang Levante tersebut juga mengungkapkan hubungannya dengan kiper Porto yang juga merupakan pemain legendaris Madrid, Iker Casillas. Musim lalu, Navas merupakan kiper pelapis Casillas.

"Hubungan saya dengan Casillas sangat normal. Saya selalu menjadikan dia sebagai panutan. Dia tenang dan selalu membuat saya mendapat banyak pelajaran darinya," papar Navas.

Iker Casillas

"Namun, menjadi pelapis Casillas sangatlah sulit. Sebab, sebagai seorang kiper, Anda selalu ingin bermain. Namun, Anda harus mengambil sisi positif dari masa-masa sulit itu," sambung pria berpostur 185 cm tersebut.

Baca juga:

Wenger: Wasit Harus Selidiki Perilaku Buruk Striker Chelsea!

Musuh Bebuyutan Optimistis Rossi Juara Dunia MotoGP

Resep Sukses Ferguson: Kesombongan CR7 Hingga Hairdryer Treatment

Mourinho: Saya Cinta Pemain Arsenal!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini