Sukses

Pilih Jerman, Rafinha Tolak Panggilan Timnas Brasil

Rafinha masih bingung untuk pilih dua negara antara Brasil atau Jerman.

Liputan6.com, Barcelona - Bek sayap Bayern Muenchen Rafinha dikabarkan menolak panggilan skuat tim nasional Brasil yang akan dipersiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Brasil akan menghadapi Chile dan Venezuela dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Zona COMEBOL (Amerika Selatan) bulan depan. Rafinha mengakui dirinya tak layak mendapat tempat di Seleccao karena minimnya caps yang telah dikoleksi.

Penolakan tersebut membuka pintu peluang untuk pemain 30 tahun tersebut agar bisa membela tim nasional Jerman. Seperti yang diketahui, Rafinha telah berkarir di Jerman sejak 2005 dan berhak mengajukan kewarganegaraan setempat.

"Ini luar biasa, dapat kembali melayani tim Brasil! Saya sangat senang dengan panggilan ini," kata Rafinha pada awalnya di akun Twitter-nya. Tapi mantan pemain Schalke dan Genoa tersebut belakangan memberitahu Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) bahwa dia mempertimbangkan tempatnya di timnas dalam jangka panjang.

Rafunha memang jarang diturunkan. Pengoleksi 2 caps timnas tersebut akhirnya memutuskan untuk mengubah keputusan dengan menolak panggilan pelatih Carlos Dunga. Padahal Dunga membutuhkan jasanya untuk menggantikan bek Madrid Danilo serta Davi Alves (Barcelona) yang cedera.

"Saya dipanggil tidak secara rutin. Saya bukan salah satu pilihan utama untuk posisi saya, mengingat bahwa ada profesional lain di depan saya," kata Rafinha dalam sebuah pernyataan singkat di situs CBF.

"Kami menghormati keputusan pemain, memuji transparansi dan kami membatalkan pemanggilan Rafinha," kata CBF menjawab pernyataan sang pemain. Dia disebut-sebut mencari kewarganegaraan Jerman dan sebelumnya menyatakan keinginannya untuk mewakili tim nasional Jerman. (Def/Rco)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini