Sukses

Semifinal Piala Presiden: 3 Fakta Menarik Persib vs Mitra Kukar

Tiap pertandingan sepak bola selalu menyajikan beberapa fakta menarik tidak terkecuali pada salah satu pertandingan semifinal Piala Presiden

Liputan6.com, Jakarta Tiap pertandingan sepak bola selalu menyajikan beberapa fakta menarik tidak terkecuali pada salah satu pertandingan semifinal Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung vs Mitra Kukar.

Kedua tim kerap bertemu sebelumnya baik di ajang pramusim ataupun kompetisi resmi Indonesia Super League (ISL) saat digelar satu wilayah. Terselip beberapa fakta yang mungkin belum diketahui terkait duel kedua tim ini.Apa saja fakta menarik tersebut?

1. Reuni Zulham Zamrun, Eka Ramdani, dan Zulkifli Sukur

Pertemuan Persib vs Mitra Kukar punya kesan tersendiri bagi tiga pemain: Zulkifli Sukur dan Eka Ramdani di Mitra Kukar, juga Zulham Zamrun di Persib Bandung.

Eka dan Zulkfili pernah berkostum Persib Bandung. Eka memulai karir profesionalnya di Persib pada 2002 dan sempat pindah ke Persijatim sebelum kembali ke Persib pada 2005.

Di musim inilah, Eka menjadi idola Bobotoh dengan tampil 135 kali dan mencetak 25 gol. Eka bahkan sempat didaulat menjadi kapten tim sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Persisam pada 2011.

Sementara itu, Zulkifli pernah juga berkostum Persib meski hanya semusim dari 2011 hingga 2013. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini total tampil sebanyak 30 kali.

Di sisi lain, gelandang Persib, Zulham Zamrun pernah berkostum Mitra Kukar dari 2011 hingga 2015. Selama berkostum Mitra, Zulham tampil 79 kali dan mencetak 24 gol.

2. Tim Paling Produktif vs Tim Paling Irit Gol

Jika Persib adalah tim paling produktif dibanding tiga tim semifinalis lainnya dengan 15 gol, maka status sebaliknya disandang oleh Mitra Kukar. Tim berjuluk Naga Mekes itu hanya mencetak empat gol untuk mencapai semifinal.

Rinciannya, dua gol disarangkan Mitra ke gawang Bali United di pertandingan kedua fase grup, Kamis (3/9/2015), dan dua gol lagi dimasukkan ke gawang PSM Makassar, masing-masing satu gol pada dua leg semifinal. Ini berarti, rata-rata Mitra hanya mencetak 0,8 gol per laga, dari total lima laga yang mereka jalani di Piala Presiden hingga semifinal.

3. 2-0 Untuk Jafri Sastra

Duel Persib vs Mitra Kukar ini adalah ajang untuk menuntaskan rasa penasaran pelatih Persib, Djadjang Nurjaman terhadap pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra. Pasalnya, dari dua kali duel pada Liga Super musim 2014, Djajang belum sekalipun menang dari Jafri.

Ketika itu, Jafri Sastra yang masih menukangi Semen Padang, sukses mempecundangi Persib, baik saat bermain kandang maupun tandang. Di markas Persib, Stadion Jalak Harupat, Semen Padang menang 2-1, sedangkan ketika bermain di Stadion H. Agus Salim, Tim Urang Awak -julukan Semen Padang- menang 3-1.

Baca Juga:

Mitra Kukar Enggan Jadi Underdog di Hadapan Persib

Hadapi Mitra Kukar, Konate Yakin Persib ke Final

Kapten Persib Merasa Diuntungkan Hasil Undian Semifinal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini