Sukses

Road to Semifinal Piala Presiden: Mitra Kukar Belum Stabil

Mitra Kukar akan berhadapan dengan Persib Bandung di babak semifinal Piala Presiden 2015.

Liputan6.com, Jakarta Tampil seadanya sepanjang babak penyisihan dan nyaris terjungkal di perempat final, Mitra Kukar kini dihadang tembok kokoh di babak semifinal. Naga Mekes harus bekerja keras untuk melewati hadangan tim tangguh Persib Bandung yang baru mengalami sekali kekalahan sepanjang turnamen ini berlangsung.

Di leg pertama, Mitra Kukar mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Kedua tim akan bertarung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (4/10/2015). Tuan rumah sedikit terbantu dengan absennya enam pilar inti Maung Bandung bakal absen di leg pertama gara-gara akumulasi kartu dan cedera.

Di banding Persib, langkah Mitra Kukar ke semifinal boleh dikatakan tidak terlalu meyakinkan. Di babak penyisihan grup, pasukan Jafri Sastra sama sekali tidak pernah menang. Tiga poin yang diraih berasal dari tiga hasil imbang melawan Bali United (2-2), Persita Tangerang (0-0), dan Persija Jakarta (0-0). 

Namun hasil berbeda mampu diraih Mitra Kukar saat tampil di kandang sendiri pada leg pertama babak perempat final. Dengan dukungan penuh suporternya, Naga Mekes berhasil menghapus label si Raja Seri usai mengalahkan PSM Makassar 1-0 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur.

Namun di leg kedua, Mitra Kukar kembali melempem. Diwarnai kericuhan suporter dan gesekan antarpemain, Mitra Kukar kalah 1-2 dari PSM di Stadion Andi Mattalata. Beruntung dengan agregat 2-2, Mitra Kukar akhirnya berhak melaju ke babak semifinal setelah unggul produktivitas gol tandang atas Juku Eja.

Catatan ini berbanding terbalik dengan lawannya di semifinal, Persib. Maung Bandung tampil dominan sepanjang babak penyisihan dengan menyapu bersih seluruh laga. Langkah Persib sedikit tersendat di babak perempat final usai kalah 2-3 dari Pusamania Borneo FC di leg pertama. Namun Maung Bandung berhasil bangkit dan merebut leg kedua dengan skor 2-1. Dengan agregat 4-4 dan unggul produktivitas gol, Maung Bandung pun lolos ke babak semifinal. 

Persiapan Mitra Kukar menghadapi turnamen Piala Presiden memang terbilang mepet. Namun berkat pasokan pemain-pemain baru yang kaya pengalaman membuat kekuatan Mitra Kukar tidak bisa dipandang enteng. Bahkan laga melawan Persib akhir pekan ini bakal menjadi ajang reuni bagi sejumlah pemainnya, seperti Eka Ramdhani, Airlangga Sucipto, Hendra Ridwan, Zulkifli Syukur, hingga striker Rachmat Afandi. Kelima pemain ini sama-sama pernah berkostum Persib.

Meski Mitta Kukar jarang meraih kemenangan, Persib sebaiknya waspada dengan serangan Naga Mekes. Pasalnya gol-gol Mitra Kukar tak hanya didominasi oleh striker. Pemain tengah seperti Rizky Pellu dan bek sayap Zulkifli Syukur juga punya kemampuan yang sama dalam menjebol gawang lawan. (Ris/Rco)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Mitra Kukar Menuju Semifinal

Perjalanan Mitra Kukar menuju semifinal Piala Presiden 2015:
Babak grup:
30/08/2015    Mitra Kukar 0-0 Persita
03/09/2015    Bali United 2-2 Mitra Kukar
07/09/2015    Persija 0-0 Mitra Kukar

Perempat final:
19/09/2015    Mitra Kukar 1-0 PSM Makassar
26/09/2015    PSM Makassar 2-1 Mitra Kukar

Starting line up Mitra Kukar:
Rivki Mokodompit (GK), Zulkifli Syukur, Abdul Gamal, Saepuloh Maulana, Rizky Pelu, Eka Ramdani, Rahmad Afandi, Hendra Adi Bayauw, Defri Risky, Onorionde Kughegbe, Carlos Raul Sciucatti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini