Sukses

Peta Penyebaran Eks Timnas U-19 di Pra PON 2016

Hanya Hargianto yang masih terganjal untuk memperkuat tim PON DKI Jakarta

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya sudah melepas pemain-pemainnya terjun di Pra PON 2016 cabang sepak bola. Beberapa nama tenar seperti Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armaiyn, hingga Putu Gede Juni Antara sudah bertolak ke daerahnya masing-masing.

Beberapa pemain jebolan Timnas U-19 di Persebaya sudah tersebar di beberapa provinsi. Evan Dimas, Fatchurohman, dan Sahrul Kurniawan akan memperkuat Jawa Timur, Ilham Udin akan bermain untuk Ternate, Zulfiandi di Aceh, dan Putu Gede akan memperkuat Bali.

Pelatih Persebaya, Ibnu Grahan, sudah merestui anak asuhnya itu tampil di pesta multi-event berskala nasional. Ibnu mengabaikan opini publik para pemain tersebut mengalami kemunduran karena bermain mewakili provinsi. Pendapat tersebut mengemuka mengingat prestasi Evan Dimas Cs sudah bertaraf internasional, bukan lagi lokal.

Ibnu tidak masalah, para pemain asuhannya di Persebaya harus bertanding melawan tim yang levelnya di bawah mereka. Terlebih, setelah kompetisi berhenti akibat kisruh PSSI vs Kementrian Pemuda dan Olahraga.

"Ya mungkin mereka (pemain) sudah bermain di kancah internasional dan nanti lawan serta teman se-timnya masih berlevel daerah maupun nasional. Tapi saya rasa itu tidak masalah. Tujuannya hanya satu, mengasah kemampuan pemain-pemain muda saat kompetisi ini tidak jalan," ujar Ibnu Grahan saat dihubungi Liputan6.com (2/10/2015).

Pelatih berkumis ini rela melepas pemain mengikuti persiapa PON 2016 di Bandung, Jawa Barat. "Pemain sudah pamitan sama saya, dan saya mengizinkan karena itu untuk kebaikan pemain juga," tambahnya.

Khusus Hargianto Persebaya memang telah mengizinkannya memperkuat tim Pra PON DKI. Namun pihak DKI masih belum dapat menyanggupi syarat-syarat yang diajukan Persebaya. "Kalau soal itu masuknya ke ranah manajemen, yang jelas saya sebagai pelatih sudah mengizinkan," tutupnya.(Ton/Rjp/Rco)

Berikut peta persebaran pemain eks-Timnas U-19 di Pra PON

Jawa Timur 

Evan Dimas, Fatchurohman, dan Sahrul Kurniawan

Ternate

Ilham Udin

Aceh 

Zulfiandi

Bali

Putu Gede

DKI Jakarta

Hargianto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini