Sukses

Southampton Bantai Chelsea di Stamford Bridge

Chelsea di laga ini unggul lebih dulu sebelum kehebatan Pelle dan Mane membalikkan keadaan.

Liputan6.com, London - Southampton membuat kejutan besar di pekan delapan Liga Premier Inggris. Permainan apik Graziano Pelle dan Sadio Mane membawa Soton menang 3-1 atas Chelsea di Stamford Bridge, Sabtu (3/10/2015) malam WIB.

Dalam laga ini manajer Chelsea Jose Mourinho mempercayakan Radamel Falcao sebagai starter menggantikan Diego Costa yang terkena skorsing. John Terry dan Branislav Ivanovic juga tetap jadi starter meski tengah menurun performanya. Keputusan ini akhirnya harus dibayar mahal. Terry dan Ivanovic kesulitan menahan Mane dan Pelle.

Kekalahan keempat di musim ini membuat Chelsea terpuruk di posisi 16 klasemen sementara Liga Inggris. Mereka hanya mendapat delapan poin dari delapan laga. Sedangkan Soton naik ke posisi sembilan dengan 12 poin.

Chelsea sebenarnya memulai laga dengan baik. The Blues langsung berusaha menekan Southampton sejak pertandingan dimulai. Tusukan Eden Hazard memaksa Oriol Romeu melanggarnya di menit 9.

Hadiah tendangan bebas mampu dimaksimalkan Chelsea untuk membuka keunggulan. Willian kembali membuktikan kehebatannya dalam mengeksekusi tendangan bebas. Sepakan Willian dari jarak 35 yard gagal dibendung kiper Soton Martin Stekelenberg.

Kerjasama Cesc Fabregas dengan Willian di menit 25 hampir menggandakan keunggulan Chelsea. Sayangnya tembakan Oscar terlalu lemah sehingga mudah diamankan.

Memasuki pertengahan babak pertama, Soton mulai menekan Chelsea. Umpan silang Victor Wanyama hampir menghadirkan bencana bagi tuan rumah. Bola mengarah masuk ke gawang, beruntung kiper Asmir Begovic sigap membaca arah bola.

Ryan Bertrand nyaris membawa Soton menyamakan skor di menit 41. Eks pemain Chelsea ini lolos dari perangkap off-side. Namun Begovic dengan gemilang mampu menggagalkannya.

Soton baru bisa menyamakan skor pada menit 44. Steven Davis menjebol gawang Chelsea lewat tendangan voli setelah menerima umpan dari Pelle. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Berhasil menyamakan skor membuat Soton makin percaya diri memasuki babak kedua. Tim tamu seharusnya bisa berbalik unggul di menit 49 saat Mane sudah berhadapan langsung dengan Begovic. Sayangnya sepakan Mane bisa digagalkan Begovic.

Mane akhirnya bisa membawa Soton berbalik unggul pada saat laga berjalan satu jam. Umpan terobosan Pelle dikonversi menjadi gol oleh Mane yang berhasil melepaskan diri dari kawalan Terry.

Kesalahan bek kiri Cesar Azpilicueta di menit 73 membuat Chelsea makin tertinggal dari Soton. Pelle ikut mencatatkan namanya di papan skor. Pemuda Italia itu dengan dingin menyelesaikan umpan terobosan dari Mane.

Soton nyaris menambah gol lagi tiga menit kemudian. Lewat serangan balik cepat Mane memperdaya Gary Cahill dan kemudian memberikan umpan kepada Dusan Tadic. Tapi sepakan Tadic masih membentur John Terry.

Meski sudah memasukkan Pedro Rodriguez dan Loic Remy, Chelsea gagal mengejar ketertinggalan 1-3 hingga peluit panjang berbunyi. (Tho/Ary)

Susunan Pemain:

Chelsea:  Begovic; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Ramires (Matic 46', Remy 73'), Fabregas; Willian (Pedro 64'), Oscar, Hazard; Falcao.

Southampton:  Stekelenburg, Cedric, Fonte, Van Dijk, Bertrand, Romeu (Ward 46'), Wanyama, S. Davis, Tadic (Rodriguez 78'), Mane (Yoshida 92'), Pelle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.