Sukses

Pacquiao Berniat Maju dalam Pemilihan Senat Filipina

Manny Pacquiao bakal memeriahkan panggung politik Filipina.

Liputan6.com, Manila- Petinju ternama Manny 'Pacman' Pacquiao berusaha meningkatkan kariernya di dunia politik. Setelah menyandang predikat sebagai anggota kongres di salah satu distrik bagian selatan Filipina, kini Pacquiao kembali mencoba peruntungannya untuk bertarung di tingkat lebih tinggi.

Seperti dilansir bleacherreport.com, Pacquiao berniat maju dalam pemilihan anggota senat Filipina, Mei 2016. Petinju berusia 37 tahun itu akan bertarung untuk memperebutkan satu dari 24 kursi yang tersedia.

Sampai saat ini, Pacquiao belum menyebutkan partai mana yang bakal menjadi kendaraan politiknya. Namun berbagai laporan menyebutkan kalau Pacman telah didekati Liberal Party milik Presiden Filipina Benigno Aquino. Meski demikian, Pacquiao juga dikenal dekat dengan partai milik lawan politik Benigno.

Di luar profesinya sebagai petinju profesional, Pacquiao memang dikenal aktif di dunia politik. Pada tahun 2010 lalu dia terpilih menjadi salah satu anggota kongres di selatan Filipina. Kegiatan politik juga sempat dilakukannya saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. Di sela-sela acara pengambilan gambar untuk iklan produk jamu, Pacquiao juga menyempatkan diri untuk bertemu pemimpin DPR RI, Setya Novanto. Selain itu, Pacquiao yang di laga terakhir kalah dari Floyd Mayweather Jr tersebut juga bertemu dengan salah satu terpidana mati asal Filipina Marry Jane di Lapas Wirogunan, Yogyakarta.

Sayang, aktivitas Pacquiao di dunia politik banyak menuai kritik. Pasalnya, dia sering absen dalam rapat-rapat penting kongres. Waktunya lebih banyak tersita untuk mempersiapkan pertandingan dibanding memikirkan persoalan di daerahnya. (Rco)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini