Sukses

Gol Tunggal Moutinho Antar Portugal Lolos ke Euro 2016

Tendangan keras Moutinho dari jarak jauh gagal dibendung Schmeichel.

Liputan6.com, Braga - Portugal menang tipis 1-0 atas Denmark di lanjutan kualifikasi Euro 2016 Grup I, Jumat (9/10/2015) dini hari di Estadio Municipal de Braga. Dengan kemenangan ini Portugal memastikan tempat di putaran final Euro 2016 di Prancis.

Meski bermain di kandang lawan, Denmark sering merepotkan pertahanan tuan rumah Portugal. Skuat Morten Olsen bermain lugas dan berani melakukan tekanan secara terbuka. Sebaliknya, Portugal yang mengandalkan Ronaldo kerap kesulitan membongkar lini belakang Denmark.

Menit 16 Denmark memperoleh peluang membuka keunggulan. Bermula dari serangan balik Bendtner yang lolos dari kawalan bek Portugal berhasil memasuki kotak penalti. Sayang, tendangannya masih melebar jauh dari gawang Rui Patrício.

Memasuki menit 30 Portugal mulai mampu mengendalikan permainan. Serangan melalui Nani dan Fábio Coentrao dari sisi lapangan membuat bek Denmark kewalahan.

Kesempatan didapat Joao Moutinho, namun tendangannya terlalu jauh dari gawang Denmark. Peluang terbaik diperoleh Nani, namun sundulannya digagalkan tiang gawang.

Hingga jelang babak pertama berakhir, Portugal dan Denmark masih kesulitan menjebol gawang lawannya. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo
Di babak kedua Portugal mencoba lagi mendominasi permainan. Dua menit laga baru berjalan tendangan keras Ronaldo masih bisa dihalau kiper Schmeichel. Bola liar yang mengarah ke Tiago juga masih mampu ditahan penjaga gawang Denmark.  

Portugal akhirnya mampu menjebol gawang Denmark pada menit 66. Tendangan keras Moutinho dari jarak cukup jauh kali ini gagal dibendung Schmeichel.

Lima menit kemudian Portugal hampir menambah kemenangan. Namun, tembakan Bernardo Silva melebar tipis ke pinggir gawang.

Sementara itu, Denmark yang sebenarnya juga membutuhkan kemenangan pada pertandingan ini, mencoba keluar dari tekanan Portugal. Tapi, serangan mereka dengan mudah dipatahkan pemain belakang Portugal.

Unggul satu gol Portugal mencoba menurunkan tempo permainan. Meski begitu, Ronaldo dan kawan-kawan masih mampu menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Tapi, hingga laga berakhir kedudukan 1-0 tetap tidak berubah.(Ian/Win)

Susunan Pemain:

Portugal:    Rui Patrício, Ricardo Carvalho, Bruno Alves, Fábio Coentrão, Cédric Soares, Tiago, Nani, João Moutinho (Jose Fonte), Danilo Pereira, Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo
Denmark: K. Schmeichel, D. Agger, S. Kjær, L. Jacobsen,     R. Durmisi, M. Krohn-Dehli, D. Wass, C. Eriksen, P. Højbjerg (Kvist), N. Bendtner, M. Braithwaite

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.