Sukses

Indonesia Berniat Naturalisasi Pebasket Afrika

Rencananya Perbasi akan menaturalisasi pemain dengan tinggi 200 cm.

Liputan6.com, Jakarta- Perbasi memasang target cukup tinggi di kejuaraan bola basket Asia, FIBA Asia U-16. Berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia menargetkan lolos hingga babak delapan besar.

Turnamen FIBA U-16 akan digelar 29 Oktober hingga 7 November 2015. Seluruh pertandingan pada turnamen edisi keempat ini digelar di Jakarta yakni di Britama Arena Kelapa Gading dan GOR Rawamangun.

Di fase awal, Indonesia akan berhadapan dengan Taipei, Bangladesh dan Lebanon di Grup B. Hasil undian ini membuat ketua umum Perbasi Danny Kosasih cukup yakin target lolos delapan besar bisa tercapai.

"Seharusnya bisalah lolos delapan besar. Hasil drawing cukup bagus. Kekuatan di level U-16 merata. Kadang ada tim yang melonjok drastis, ada pula yang menurun drastis. Kami sangat mengharapkan dukungan suporter," ucap Danny.

Indonesia akan berjuang di FIBA Asia U-16 tanpa menggunakan pemain naturalisasi. "Kami ada rencana melakukan naturalisasi pemain dengan tinggi diatas 200 cm dari Afrika. Tapi di FIBA Asia U-16 tak ada pemain naturalisasi," terang Danny.

15 pemain sudah disiapkan Perbasi untuk tampil di FIBA Asia U-16. Mereka dilatih oleh Eddy Santoso dengan asisten pelatih Bambang Asdianto Pribadi yang membawa timnas putri merebut medali perak SEA Games Singapura.

Ke-15 pemain ini merupakan yang terbaik hasil seleksi ketat dimana setiap Pengprov menyerahkan tiga pemain terbaik dari daerahnya untuk mengikuti seleksi.

Tiongkok menjadi tim yang paling ditakuti di FIBA Asia U-16. Mereka selalu menjadi juara di tiga edisi terdahulu FIBA Asia U-16. Indonesia cukup beruntung karena hingga putaran kedua masih belum akan bertemu Tiongkok yang berada di Grup D.

Walau nantinya harus bertemu Tiongkok, para pemain timnas Indonesia tidak gentar. Mereka siap memberikan yang terbaik.

"Saya mewakili Indonesia jadi tidak pernah takut siapapun yang akan dihadapi," ucap pemain andalan Timnas U-16 Komang Arya Pratha Wijaya. (Tho/Ary)

Skuat Indonesia U-16:

1. Muhammad Arighi - Kalsel
2. Topo Adi Saputro - Jawa Tengah
3. Sean Sada - Banten
4. Haskel Ryo - DKI Jakarta
5. James Huang Alvaro - DKI Jakarta
6. Steven Ray - Jawa Barat
7. Yesaya Alessandro Michael Joseph Saudale - Bali
8. Komang Arya Partha Wijaya - Bali
9. Hriscahyo Yoel Agviandi - DIY
10. Andre Risqiano - Jawa Timur
11. Andrew Jiewanto - Jawa Timur
12. Aldy Izzatur Rachman - DKI Jakarta
13. Juan Harsab Maulana - Sumatera Utara
14. Daren Benaya Budiman - Jawa Barat
15. Muhammad Arsyadani Maulana -Jawa Tengah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.