Sukses

8 Fakta Mengejutkan Manajer Baru Liverpool Jurgen Klopp

Klopp dikenal sering jalan kaki dari stadion ke tempat tinggalnya seusai pertandingan.

Liputan6.com, Liverpool- Liverpool akhirnya memiliki manajer baru setelah mendepak Brendan Rodgers. Pada hari Kamis (8/10/2015), The Reds mengumumkan Jurgen Klopp sebagai pengganti Rodgers. Dia dikontrak selama tiga tahun.

Fans Liverpool menaruh harapan besar pada Klopp. Sebab pria Jerman ini punya catatan spektakuler saat melatih Borussia Dortmund. Liverpudlians berharap Klopp bisa menyulap Liverpool menjadi tim langganan juara.

Klopp mampu menjadi pelatih tersukses sepanjang sejarah Dortmund dengan raihan lima trofi. Dia menyamai pencapaian Ottmar Hitzfeld.

Ada tujuh fakta menarik lain mengenai Klopp. Apa saja? Simak ulasannya di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta-Fakta

1. Klopp dua kali dipilih sebagai Pelatih Sepakbola Terbaik di Jerman pada tahun 2011 dan 2012. Dia pun menjadi satu-satunya orang yang mampu memenangi penghargaan tersebut dua kali berturut-turut sejak diadakan tahun 2002.

2. Meski mencintai sepakbola, Klopp juga tak melupakan pendidikan. Sewaktu masih aktif bermain, prai 48 tahun itu meraih gelar diploma dalam bidang ilmu olahraga dari Universitas Goethe di Frankfurt. Agak mengherankan, dia memfokuskan tesisnya pada jalan cepat ketimbang sepakbola.

3. Klopp berhasil membawa Mainz promosi ke Bundesliga untuk pertama kali di tahun 2004. Saat itu Mainz menjadi runner-up divisi dua.

4. Klopp sudah pernah dua kali menghadapi Liverpool. Saat melatih Mainz, Liverpool dihantam 5-0 tahun 2006. Namun pada tahun 2014, Dortmund dihancurkan Liverpool 0-4. Kedua laga tersebut bukan pertandingan resmi.

5. Klub favorit Klopp adalah tim kampung halamannya VfB Stuttgart. Sedangkan pemain favoritnya adalah bek Karlheinz Forster, yang dua kali membawa Jerman Barat menjadi runner-up Piala Dunia.

6. Bersama Dortmund, Klopp enam kali bertemu klub Inggris (Arsenal dan Manchester City). Dortmund mendapat hasil positif. Mereka dua kali menang, dua kali imbang dan dua kali kalah.

7. Klopp sering pulang ke rumah dengan berjalan kaki setelah Dortmund bertanding di Signal Iduna Park. Dia memilih jalan kaki karena dapat meluangkan waktu untuk berpikir bagaimana timnya bermain. (Tho/Ary)
a

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Jurgen Klopp

Video Terkini