Sukses

Lumat Azerbaijan, Italia Lolos ke Piala Eropa 2016

Darmian mencetak gol ketiga Italia ke gawang Azerbaijan.

Liputan6.com, Baku- Italia memastikan satu tempat di putaran dinal Piala Eropa 2016. Gli Azzurri lolos berkat kemenangan 3-1 di kandang Azerbaijan pada laga kualifikasi yang digelar Sabtu (10/10/2015) malam WIB.

Tambahan tiga angka ini membuat Italia mengoleksi 21 poin. Dengan menyisakan dua laga lagi, peringkat tiga Kroasia sudah tidak mungkin mengejar Italia karena baru mendapat 14 poin.

Dalam laga ini Conte menurunkan Eder dengan Graziano Pelle di lini depan. Keputusan ini terbukti tepat. Eder mencetak gol pembuka saat laga baru berjalan 10 menit. Pemain Sampdoria itu membobol bawang Azerbaijan usai meneruskan umpan terukur gelandang Marco Verratti.
Eder melakukan selebrasi usai bobol gawang Azerbaijan
Keunggulan ini tak bisa dipertahankan dengan baik. Di menit 31, Azerbaijan bisa menyamakan skor. Umpan Ruslan Qurbanov memudahkan Dimitrij Nazarov memperdaya kiper Italia Gianluigi Buffon.

Dua menit sebelum jeda, Italia kembali unggul. Antonio Candreva lolos dari kawalan pertahanan Azerbaijan. Pemain Lazio ini tidak egois dan memilih mengumpankan bola kepada Stephan El Shaarawy yang berdiri bebas. Dengan mudah El Shaarawy menceploskan bola ke gawang kosong.

Keunggulan 2-1 di babak pertama membuat Italia lebih leluasa menembus pertahanan Azerbaijan. Eder nyaris mencetak gol kedua. Sepakan Eder sudah gagal dijangkau kiper Azerbaijan. Tapi bola mampu dihalau oleh R.F. Sadiqov tepat sebelum melewati garis gawang.

Gol ketiga Italia baru tercipta pada menit 65. Kesalahan pemain belakang Azerbaijan dalam membuang bola membuat Matteo Darmian bisa mencurinya. Pemain Manchester United itu kemudian melepaskan tendangan keras dari jarak 30 yard yang gagal dijangkau kiper Azerbaijan.

Azerbaijan tak mampu mengejar defisit dua gol. Mereka malah harus mengakhiri laga dengan 10 pemain setelah Badavi Guseynov diganjar kartu merah di menit 88 akibat melanggar Sebastian Giovinco.

(Tho/Def)

Susunan Pemain:

Azerbaijan: Agayev, Sadıqov, Medvedev, Qarayev, Huseynov, Amirquliyev, Daşdamirov, Ismayılov (MIrzabayov 91'), Israfilov (Sadiqov 66'), Nazarov, Qurbanov (Erat 74')

Italia: Buffon, Bonucci, Chiellini, Darmian, De Sciglio, Candreva (Montolivo 88'), Verratti, Parolo, El Shaarawy (Florenzi 74'), Eder (Giovinco 79'), Pelle

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.