Sukses

Hajar Kazakhstan, Belanda Jaga Kans ke Piala Eropa 2016

Belanda masih berpeluang untuk lolos ke babak play off Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Jakarta: Belanda masih punya Napas untuk lolos ke Piala Eropa 2016 usai kalahkan tuan rumah Kazakhstan 2-1 pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa di Astana Arena,Sabtu (10/10/2015) malam WIB. Dua gol dari Wijnaldum dan Wesley Sneijder cukup mengantarkan Belanda untuk sementara ke zona play off Piala Eropa yang berlangsung di Prancis nanti.

Namun tunggu dulu, Belanda bisa tergusur jika Turki bisa mengalahkan tuan rumah Republik Ceko setelah laga ini. Meski demikian, kemenangan lawan Kazakhstan cukup melegakan. Sekaligus ini jadi modal bagi Belanda untuk melawan lawan kuat Republik Ceko pada laga terakhir grup A pada Rabu (14/10/2015) nanti.

Sejak awal, tim Oranye Belanda berniat untuk mencetak gol secepat mungkin. Baru 8 menit berjalan, El Ghazi berpeluang cetak gol untuk Belanda. Sayang sundulannya usai menerima umpan Depay masih melenceng dari target.

Pemain Belanda rayakan gol dari Wijnaldum (REUTERS/Shamil Zhumatov)

Belanda terus mendominasi tapi selalu gagal mencapai target. Dua winger Tete dan Depay cukup membuat pertahanan Kazakhstan kerepotan. Gol baru terjadi di menit ke-33. Kolaborasi antara El Ghazi dengan Wijnaldum berhasil membuat Belanda unggul untuk sementara.

Gol berawal lewat umpan pendek El Ghazi di lini tengah kepada Wijnaldum. Gelandang Belanda yang bermain di Newcastle itu tanpa ragu lepas tembakan jarak jauh dan tak mampu ditahan Pokatilov,kiper Kazakhstan.Belanda nyaris menambah satu gol lagi di menit ke-43. Tapi lagi umpan Depay kepada El Ghazi gagal dimanfaatkan dengan maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Dua

Di babak kedua, Belanda kembali tancap gas. Alhasil, Belanda mampu mengubah skor kemenangan menjadi 2-0 usai Wesley Sneijder cetak gol di menit ke-50. Kecematan Huntelaar yang memberikan umpan terobosan kepada Sneijder membuat Belanda kembali unggul.

Menit ke-60,Depay berhasil menerobos pertahanan Kazakhstan. Sayang umpannya kepada Klas Jan Huntelaar tak bisa dimaksimalkan karena Pokatilov keburu halau bola. Huntelaar terlalu lama mengontrol bola. Empat menit kemudian, giliran Wijnaldum yang membuang peluang karena tembakannya dari sayap kanan masih melambung.

Kazakhstan mendapatkan gol hiburan di babak perpanjangan waktu. Memanfaatkan umpan lambung dari Kizhnichenko, Kuat berhasil sundul bola sehingga skor berubah menjadi 2-1. Skor ini bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. (Def/Tho)


Susunan Pemain

Kazakhstan (4-5-1):

Pokatilov;Engel,Maliy,Smakov,Logvine,Suyumbayev;Konysbaev,Kuat,Islamkhan/Geteriev (16),Dosmagambetov/Nurgaliev (81);Schetkin/Khizhnichenko (64)


Belanda (4-3-3)

Krul/J Zoet (81);2Tete,3Bruma,4Van Dijk,5Riedewald;Wijnaldum,Blind,Sneijder/Afellay (80);El Ghazi,Huntelaar/Van Persie (87),Depay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini