Sukses

Rossi: Ini Balapan MotoGP, Bukan Pelajaran Matematika

Valentino Rossi semakin kokoh di puncak klasemen dengan mengemas 283 poin.

Liputan6.com, Motegi - Finis di posisi kedua saat balapan di MotoGP Motegi, Minggu (11/10/2015) membuat pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi semakin kokoh di puncak klasemen dengan mengemas 283 poin.

Untuk sementara, Rossi menjauh dari kejaran rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang juga punya peluang menjadi juara dunia MotoGP tahun ini. Dari 15 balapan yang sudah dilangsungkan, Lorenzo mengumpulkan 265 poin.

Tahun ini, masih tersisa tiga seri lagi, yakni di Australia, Malaysia dan Spanyol. Rossi hanya butuh tambahan 58 poin untuk jadi juara. Untuk mendapatkan poin sebanyak itu, dia harus finis di posisi kedua di tiga balapan tersisa.

Hal itu sudah cukup membuatnya menjadi juara dunia meski Lorenzo bisa naik podium pertama di tiga balapan terakhir. Jika kenyataannya seperti itu, maka poin Rossi akan menjadi 343. Sedangkan Lorenzo hanya mengemas 340 poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Matematika

Namun bagi Rossi, hitung-hitungan seperti itu tidak ada gunanya. Menurut rider asal Italia tersebut, balapan MotoGP tidak bisa disamakan dengan pelajaran matematika.

"Daripada membuat hitung-hitungan seperti itu, lebih baik saya berusaha finis di depan Lorenzo. Itu adalah targetnya," papar Rossi, seperti diberitakan Autosport, Selasa (13/10/2015) malam WIB.

Pria berusia 36 tahun tersebut menjelaskan, dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia, kondisi cuaca juga bisa berpengaruh pada hasilnya. Rossi mencontohkan seperti yang terjadi di Motegi.

"Satu momen bisa merubah banyak hal dalam perlombaan. Seperti kondisi lintasan yang awalnya basah, kemudian menjadi kering dengan sangat cepat. Ini akan menjadi sangat sulit, jika kami menggunakan ban yang lembut," Rossi menegaskan. (cak/jnp)

Baca juga:

Persib Vs Sriwijaya, Konate Tantang Calon Kakak Ipar

Giggs dan CR7 Ungkap Rahasia Terbesar Alex Ferguson

Berapa Tambahan Poin yang Dibutuhkan Rossi Demi Juara MotoGP?

MotoGP Australia: Rossi Sang Raja dan Cerita Apes Lorenzo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini