Sukses

Van Persie Gol Bunuh Diri, Belanda Gagal ke Euro

Belanda gagal melangkah ke Euro 2016 setelah dibungkam Republik Ceko dengan skor 2-3.

Liputan6.com, Amsterdam - Belanda gagal melangkah ke Euro 2016 setelah dibungkam Republik Ceko dengan skor 2-3 padahal bermain di kandangnya sendiri, Amsterdam Arena, Rabu (14/10/2015) dinihari WIB.

Di pertandingan ini, pelatih Belanda, Danny Blind menerapkan formasi 4-3-3. Tapi, dia tidak mengandalkan Robin van Persie. Blind lebih memilih Memphis Depay, Klaas-Jan Huntelaar dan Anwar El-Ghazi di lini depan. Sementara itu, Republik Ceko bermain dengan pola 4-4-2 dengan menduetkan Tomas Necid dan Josef Sural di lini depan. Petr Cech masih menjadi pilihan utama di bawah mistar.

Bermain di kandang sendiri, Belanda hampir saja unggul pada menit kedua. Berawal dari umpan Huntelaar. Sepakan El-Ghazi dari sudut sempit masih bisa dimentahkan oleh kiper Republik Ceko, Petr Cech.

Sepuluh menit berselang giliran Ceko mengancam. Mendapat bola liar di dalam kotak penalti Belanda, Darida melepaskan sepakan. Namun sayang, akurasi sepakannya belum menemui sasaran.

Tim Oranye --sebutan Belanda-- tampak panik pada menit ke-24. Berawal dari umpan Jiri Skalak, Pavel Kaderabek memaksa kiper Belanda, Zoet memungut bola dari gawangnya berkat sepakan yang mengarah tepat sasaran.

Ceko menggandakan keunggulan pada menit ke-35. Sontekan Josef Sural merobek gawang Zoet. Peluang Belanda untuk tampil di Euro 2016 semakin mengecil.

Menit ke-43, Ceko bermain dengan 10 pemain setelah Marek Suchy mendapat kartu merah usai melanggar Memphis Depay. Skor 2-0 untuk keunggulan Ceko bertahan hingga babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Tertinggal dua gol, Belanda memasukkan Robin van Persie di awal babak kedua. Sentuhan pertama Van Persie hampir saja merobek gawang Cech pada menit ke-51. Namun, sepakannya masih belum menemui sasaran.

Bukannya menjadi pahlawan, Van Persie malah membuat negaranya menjadi kian tersungkur. Mantan pemain Manchester United itu mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan Skalak pada menit ke-66.

Empat menit kemudian, Tim Oranye berhasil memperkecil kedudukan, Memanfaatkan tendangan sudut Sneijder, sundulan Huntelaar mengoyak gawang Cech. Skor kini menjadi 3-1 masih untuk keunggulan Ceko.

Van Persie punya kesempatan untuk menebus dosanya. Pada menit ke-74, dia mendapatkan bola liar. Sayang, Van Persie kurang tenang. Sepakannya masih di atas mistar gawang Ceko.

Penyerang Fenerbahce itu akhirnya bisa menebus dosanya. Pada menit ke-83, mendapat umpan dari Bas Dost, Van Persie yang terlepas dari kawalan berhasil mengoyak gawang Cech. Skor pun berubah menjadi 2-3, Belanda masih tertinggal.

Hingga pertandingan skor tidak berubah. Belanda gagal melangkah ke Euro 2016. Di saat yang bersamaan, Turki menang 1-0 atas Islandia.  Kekalahan tersebut membuat Belanda berada di posisi keempat dalam klasemen akhir Grup A dengan mengemas 13 poin. Sedangkan Turki berada di posisi ketiga dengan 18 poin. (Cak/Jnp)

Susunan pemain
Belanda: Zoet, Tete, Bruma, Van Dijk, Riedewald, Blind, Wijnaldum, Sneijder, Depay, Huntelaar, El-Ghazi

Republik Ceko: Cech, Kaderabek, Kadlec, Selassie, Suchy, Skalak, Pavelka, Plasil, Darida, Necid, Sural

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.