Sukses

6 Fakta Menarik Kualifikasi Piala Eropa 2016

Belanda harus menelan pil pahit absen di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Jakarta- Kualifikasi Piala Eropa 2016 sudah rampung. Tinggal delapan tim memperebutkan empat tiket tersisa melalui play-off. Kejutan terjadi dengan tidak lolosnya negara kuat seperti Belanda ke Prancis.

Belanda harus menelan pil pahit tak lolos karena cuma finis di posisi empat Grup A. Mereka kalah bersaing dengan Republik Ceko, Islandia dan Turki. Negara terakhir lolos langsung ke Prancis dengan status peringkat tiga terbaik.

Selain tersingkirnya Belanda, Kualifikasi Piala Eropa 2016 juga melahirkan beberapa fakta menarik. Simak ulasannya di halaman berikutnya:

1. Inggris menjadi satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna di Kualifikasi Piala Eropa 2016

2. Islandia dan Albania lolos ke putaran final turnamen besar kelompok pria untuk kali pertama.

3. Striker Polandia Robert Lewandowski menjadi pencetak gol terbanyak di babak kualifikasi dngan 13 gol. Lewandowski pun masuk buku sejarah menyamai pencapaian David Healy sebagai pemain paling banyak mencetak gol dalam satu musim kualifikasi Piala Eropa.

4. Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Eropa dengan 26 gol (putaran final dan kualifikasi). Sedangkan pemain tersubur sepanjang sejarah kualifikasi Piala Eropa adalah Robbie Keane dengan 23 gol.

5. Undian Piala Eropa 2016 akan digelar di Paris 12 Desember. Penentuan tim unggulan baru dilakukan setelah selesainya babak play-off.

6. Putaran final Piala Eropa 2016 digelar 10 Juli hingga 10 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.