Sukses

4 Persen Lagi, Trofi Piala Presiden Rampung

Trofi Piala Presiden bakal diberikan untuk sang juara Persib atau Sriwijaya FC.

Liputan6.com,Denpasar: Menjelang final Piala Presiden Sriwijaya versus Persib pada 18 Oktober nanti, trofi Piala Presiden yang dikerjakan seniman ukir Ida Bagus Ketut Lasem pun hampir rampung. Setelah dikerjakan hampir sebulan lamanya, trofi Piala Presiden tinggal 4 persen lagi pengerjaannya.

Ida Bagus mengaku tinggal menunggu instruksi detail warna dari panitia pusat di Jakarta. "Pembuatan trofinya hanya kurang 4 persen lagi selesai. Saya tinggal mengecat saja. Tapi, warna detailnya masih tunggu panitia Piala Presiden dari Jakarta," kata Lasem kepada Liputan6.com, Rabu (14/10/2015).

Saat disambangi di kediamannya, sudah tampak trofi pesanan dari panitia Piala Presiden itu sudah berbentuk, hanya tinggal menunggu pewarnaannya yang belum dilakukan. Tampak, bentuk detail dan ukiran khas Bali dengan warna cokelat keemasan sudah terlihat rampung. "Saya masih menungu keputusan panitia untuk pewarnaannya. Apakah sesuai warna di gambar dengan baluran bendera merah putih atau ada perubahan," imbuh lasem.

Menurut Lasem, dia sedikit kesulitan saat mengerjakan trofi di bagian bola. Pasalnya, ‎bagian tersebut dipenuhi dengan taburan-taburan bintang yang terlalu kecil. "Kesulitan itu terjadi karena media kayunya yang terlalu kecil," ujar Lasem.

Sejak dipercaya untuk mengukir trofi Piala Presiden, Lasem mengaku begitu bersemangat untuk mengukir inci demi inci kayu jati pilihan. Darah seni Lasem yang mengalir dari sang ayah itu membuat dirinya mengerjakan trofi tersebut dengan tidak memikirkan jumlah finansial yang diterimanya. "Saya mengukir sejak umur sembilan tahun. Jadi apa pun pasti saya kerjakan dengan hati senang," ucap Lasem tersenyum.

‎Dia tampak bangga saat menceritakan pernah mengukir patung Ganesha yang menghabiskan waktu satu tahun untuk membuatnya. Di mana, saat ini patung tersebut dipajang di salah satu museum di daerah Denpasar.

Karyanya bahkan sampai ke mancanegara dengan harga ratusan juta rupiah. Bahkan, beberapa saat lalu, ia mendapat pesanan membuat patung Bob Marley dari Warga Negara Irlandia. (Div/Def)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.