Sukses

Senasib dengan Indonesia, Kuwait Disanksi FIFA

Pemerintah Kuwait dianggap FIFA melakukan intervensi.

Liputan6.com, Zurich- Kuwait menyusul Indonesia mendapat sanksi dari FIFA karena adanya intervensi dari pemerintah. Dengan terkena sanksi, tim nasional Kuwait dan klub-lub mereka tidak akan bisa tampil di turnamen internasional di bawah naungan FIFA.

Sebelum menjatuhkan sanksi, Komite Eksekutif FIFA pada akhir September lalu sudah memperingati KFA (Asosiasi Sepakbola Kuwait) untuk mengakhiri intervensi pemerintah. Sayangnya hingga tengat waktu yang ditentukan, situasi tidak berubah sehingga FIFA menjatuhkan sanksi.

"Hukuman ini hanya akan dicabut jika KFA dan anggotanya (klub-klub) bisa menjalankan aktivitas dan kewajibannya secara independen," tulis FIFA dalam pernyataan di situs resminya, Jumat (16/10/2015).

Ini bukan yang pertama kali Kuwait merasakan sanksi FIFA. Pada tahun 2007 dan 2008 mereka juga sempat terkena hukuman.

Jatuhnya hukuman dari FIFA bakal menghentikan perjuangan timnas Kuwait di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka masuk Grup G bersama Korea Selatan, Lebanon, Myanmar, dan Laos.

Prestasi Kuwait di Kualifikasi Piala Dunia 2018 cukup bagus. Mereka menang tiga kali, sekali seri dan sekali kalah dari lima laga.  (Tho/Vid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.