Sukses

Banyuwangi International Run 2015 Diikuti 7 Pelari Kenya

Dua diantara pelari asing yang ikut adalah Charles Kipkorir dan Collins Kipkorir Kimosop.

Liputan6.com, Banyuwangi- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melepas peserta Banyuwangi International Run 2015, di Pendopo kabupaten, Sabtu (17/10/2015) pagi. Pada kategori ini, 7 pelari internasional asal Kenya turut berlomba memperebutkan total hadiah Rp. 100 juta.

"Selamat pagi runners. Selamat menjadi bagian dari sejarah Banyuwangi International Run," tutur Bupati yang akrab Anas.
 
Banyuwangi Run 2015 yang digelar pertama kali ini digagas bareng antara Gerakan Berlari Untuk Berbagi (BUB) dan Pemkab Banyuwangi. Tahun ini akan melombakan dua kategori lari, yakni 5 KM dan 10 KM.
 
Meski digelar kali pertama, lomba lari internasional ini langsung diikuti 7 pelari Kenya. Di antaranya adalah Charles Kipkorir dan Collins Kipkorir Kimosop. Kedua pelari tersebut beberapa kali memenangi lomba maraton dan half maraton di Indonesia.
 
Banyuwangi International Run 2015 kali ini mengangkat tema Run & Enjoy The Culture. Tema yang menggambarkan ajakan untuk berlari dan menikmati kebudayaan sekaligus keindahan dari kota Banyuwangi.
 
"Event ini selaras dengan upaya kami mengembangkan sport tourism. Kami sandingkan olahraga dengan keindahan alam kami," tandas Anas. 
 
Banyuwangi sebelumnya telah menggelar 3 event sport tourism dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Balap sepeda international Tour de Banyuwangi Ijen, kompetisi internasional kitesurf, dan international surfing competition di Pantai Pulau merah.
 
Para pelari ini melintasi salah satu spot wisata kebanggaan Banyuwangi, Pantai Boom. Sambil berlari, mereka menyusuri pinggir pantai Boom, sebuah pantai di Banyuwangi yang tengah dibangun menjadi dermaga marina terintegrasi pertama di Indonesia.  
 
Sepanjang lintasan, para pelari di setiap check pointnya juga disuguhkan kesenian khas Banyuwangi. Mulai dari hiburan hadrah, tari Gandrung, hingga kesenian Barong. (Tho/Vid)

Baca Juga

Jadwal Final dan Perebutan Tempat Ketiga Piala Presiden

Pentolan Jakmania Bertemu Ridwan Kamil dan Manajer Persib

Jadwal Liga Inggris 17-20 Oktober 2015

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini