Sukses

Spurs vs Liverpool: Debut Klopp Dihantam Catatan Buruk The Reds

Klopp kehilangan banyak pemain karena cedera.

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool akan menantang Tottenham Hotspur di White Hart Lane Stadium dalam lanjutan Liga Premier Inggris, Sabtu (17/10/2015) pukul 18.45 WIB. Laga  ini akan menjadi debut bagi manajer baru The Reds (sebutan Liverpool), Jurgen Klopp.
 
Namun sayangnya, Klopp dihantui catatan kelam The Reds sejak tahun 1998. Gerard Houllier menjadi satu-satunya manajer Liverpool yang berhasil meraih kemenangan di Liga Premier Inggris dalam debutnya menangani The Reds. Ketika itu Houllier mengalahkan Southampton dengan skor 2-1 tahun 1998.
 
"Ini adalah salah satu masalah terbesar yang Anda miliki di Liverpool. Liga Premier adalah salah satu liga tersulit di dunia karena ada lima, enam, bahkan tujuh tim memiliki kesempatan untuk menjadi juara, tapi pada akhirnya hanya akan ada satu juara. Tapi pada akhirnya, Anda harus mengubah orang yang ragu menjadi percaya," kata Klopp di laman resmi Liga Premier.
 
Selain cacatan kelam itu, Klopp juga dipusingkan dengan cedera pemain. Ada 6 pemain yang berada di meja pesakitan, yakni gelandang sekaligus kapten tim Jordan Henderson, Christian Benteke, Roberto Firmino, Joe Gomez, Jon Flanagan, serta Danny Ings. Ings menjadi pemain terbaru yang harus menepi setelah dirinya didiagnosis menderita cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) setelah menjalani sesi latihan pekan ini. 
 
"Baiklah, cedera itu memang masalah yang serius. Namun kenyataan ini tidak bisa saya ubah," papar manajer berusia 48 tahun tersebut, dilansir dari Telegraph.
 
Dengan sederet masalah tersebut, apa yang harus dilakukan Klopp untuk meraih tiga poin dalam debutnya di Liga Premier Inggris? Lalu bagaimana dengan gaya permainan Gegenpressing yang rencananya bakal diterapkan Klopp di skuat The Reds?
 
"Jika seseorang (pemain) ingin membantu saya, maka Anda harus mengubah dari manusia peragu menjadi seseorang yang percaya. Ini adalah hal yang sangat penting. Kami bersama-sama harus memulai lembaran baru dan kemudian kita akan melihat apa yang terjadi," papar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.
 
Sementara itu, Spurs merupakan satu-satunya tim yang tidak terkalahkan dalam 7 pertandingan terakhir di Liga Premier Inggris. Rinciannya, klub berjuluk The Lilywhite itu menang tiga kali dam imbang empat kali.
 
Catatan bagus tersebut membuat manajer Spurs Mauricio Pochettino semakin percaya diri menghadapi Liverpool. Dia pun mendoakan yang terbaik agar Klopp meraih poin dari timnya.
 
"Menurut saya, kedatangan Klopp adalah hal yang baik untuk Premier League. Ia memukau kita semua saat masih membesut Borussia Dortmund. Ia meraih juara Bundesliga dan membawa Dortmund masuk final Liga Champions. Kami berharap dia bisa menjadi sukses setelah Sabtu,” ujar pelatih berusia 43 tahun itu, seperti diberitakan Sportsmole.
 
Dalam pertandingan ini, Tottenham tidak akan diperkuat Son Heung-min, Ryan Mason, Nabil Bentaleb dan Alex Pritchard karena cedera. Eric Dier tidak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning. (Tho/Vid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini