Sukses

Ketat, Marquez Juara, Lorenzo Finis Depan Rossi

Marc Marquez menyalip Jorge Lorenzo tepat sebelum melewati trek lurus menuju garis finis.

Liputan6.com, Phillip Island - Marc Marquez memenangi seri balapan MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Minggu (18/10/2015) siang WIB. Rider Repsol Honda itu finis terdepan setelah sepanjang balapan bersaing ketat dengan Jorge Lorenzo, Andrea Iannone, dan Valentino Rossi.

Begitu dimulai, balapan sudah berlangsung seru dan ketat. Marquez yang start di posisi terdepan kehilangan posisinya setelah Iannone langsung menyalipnya untuk memimpin balapan. Tapi sebelum lap pertama berakhir, Lorenzo melewati pebalap dari tim Ducati tersebut. Urutan pebalap setelah lap pertama, yaitu Lorenzo, Iannone, Pedrosa, Marquez, Cal Crutchlow, dan Rossi.

Rider Ducati Andrea Iannone sempat memimpin balapan pada awal lap pertama MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (18/10/2015). (Liputan6.com/PAUL CROCK / AFP)

Lorenzo mulai menjauh di lap ke-5. Rider asal Spanyol tersebut unggul 0,491 detik di depan Marquez, Iannone, dan Rossi yang saling-menyalip. Selap kemudian, Rossi sempat naik ke posisi kedua. Tapi, tidak lama berselang Marquez dan Iannone kembali melewati Rossi. Sementarta Lorenzo kian jauh di depan dengan memperlebar jarak menjadi 1,313 detik.

Namun sejak lap ke-9, Marquez mulai memangkas jarak dengan Lorenzo. Dari selisih waktu 1,224 detik menjadi 0,680 di lap 11. Sementara di belakangnya, Rossi mendapat persaingan ketat dari Iannone.

Marquez terus mendekat. Hingga akhirnya di lap ke-18, Marquez menyalip Lorenzo untuk mengambil alih pimpinan lomba. Juara Dunia MotoGP 2015 melesat dan unggul 0,406 detik di depan Lorenzo. Tetapi, dua lap berselang, Marquez kehilangan posisinya setelah Lorenzo kembali menyalipnya.

Lorenzo sepertinya memiliki kans besar untuk memenangi balapan ini setelah unggul 0,680 detik di depan Marquez, Iannone, dan Rossi. Dua lap jelang balapan berakhik, Rossi meyalip Marquez. Saat keduanya tengah bertarung berdekatan, Iannone mengambil kesempatan untuk menyodok ke posisi kedua.

Rider Repsol Honda Marc Marquez merayakan kemenangannya pada ajang MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Minggu (18/10/2015). (Liputan6.com/PAUL CROCK / AFP)

Namun, Iannone tidak lama bisa mempertahankan posisinya. Marquez yang menyalip Rossi tidak lama kemudian mendahalui rider asal Italia itu. Pada lap terakhir, Marquez kian mendekati Lorenzo. Tepat sebelum melewati trek lurus menuju garis finis, Marquez melewati Lorenzo untuk menyentuh garis finis lebih dahulu. Sementara Rossi gagal mengatasi perlawanan ketat Iannone dan harus puas finis keempat. (Bog/Rco)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.