Sukses

Harga Sepasang Kaki Ronaldo

Bersama Real Madrid, Cristiano Ronaldo menoreh sejumlah rekor, fee transfer dan gaji tertinggi. Tidak hanya itu, Ronaldo bakal menoreh rekor lain, yaitu pemain dengan klausul buy-out termahal, senilai 200 juta euro (sekitar Rp 2,9 triliun).

Liputan6.com, Madrid: Tak percuma Cristiano Ronaldo memutuskan meninggalkan Manchester United dan memilih Real Madrid sebagai pelabuhan karier berikutnya. Sejumlah rekor terpatri dalam diri winger Timnas Portugal berusia 24 tahun ini. Misalnya, fee transfer termahal sepanjang sejarah persepakbolaan dunia, 80 juta pound atau sekitar Rp 1,376 triliun (dengan kurs 1 pound = Rp 17.200).

Rekor lainnya, Ronaldo diklaim menjadi pesepakbola dengan bayaran termahal sekolong jagat, yaitu menerima gaji sekitar Rp 218,4 miliar dalam setahun atau lebih dari 18 miliar per bulannya. Ditambah dengan pendapatan dan bonus dari hak cipta plus deal komersial lainnya, Ronaldo diklaim bakal meraup pendapatan yang melebihi David Beckham.

Lalu? Seperti yang dilansir harian AS, Los Blancos bersiap mengukir rekor baru dalam diri Ronaldo seusai penandatanganan kontrak resmi yang rencananya akan digelar pada 30 Juni 2009 mendatang. Rekor dimaksud adalah disisipkannya klausul buy-out atau hengkang dalam kontrak kerja Ronaldo selama enam tahun sebesar 200 juta euro atau sekitar Rp 2,9 triliun (dengan kurs 1 pound = Rp 14.500).

Klausul sebesar itu merupakan titah Presiden Klub, Florentino Perez, yang tak mau pemain bintangnya ‘diculik’ klub-klub elite Eropa lainnya. AS mengklaim Perez sadar betul dengan kekuatan finansial Manchester City yang didukung taipan kaya Uni Emirat Arab. Perez masih ingat dengan keberanian The Citizens menyodorkan tawaran ‘gila’ sebesar 115 juta euro untuk meminang Kaka di bursa transfer Januari 2009 lalu. Plus isu 150 juta euro yang disediakan City guna memikat kiper nomor satu Madrid, Iker Casillas.

Sementara itu, Ronaldo sendiri, dikabarkan begitu gembira dan bangga dengan kebijakan Perez yang membuatnya sebagai pemain dengan value termahal di bursa. Dengan nilai sebesar itu, klausul buy-out Ronaldo melebihi besaran klausul serupa yang diterapkan Barcelona terhadap pemain bintangnya asal Argentina, Lionel Messi, yang memiliki klausul buy-out sebesar 150 juta euro (sekitar Rp 2,175 triliun).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.