Sukses

Tiga Negara Pesaing Indonesia untuk Moto GP 2017

Indonesia tak sendiri untuk menggelar hajatan akbar Moto GP

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi kandidat kuat untuk menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2017. Namun, Indonesia tak sendiri untuk menggelar hajatan akbar otomotif tersebut.

Ada tiga negara lain yang juga bernafsu untuk menggelar Moto GP 2017. Tiga negara itu: Kazakhstan, Thailand, dan Finlandia. Finlandia menjadi satu-satunya negara non Asia yang menjadi pesaing Indonesia.

Seperti apakah persiapan ketiga negara tersebut dibanding Indonesia? Intip profil ketiga negara itu di sini.

 

Chang International Circuit (buriramtimes

1. Thailand

Dibanding Indonesia, Thailand selangkah lebih unggul untuk urusan sirkuit. Negeri Gajah Putih ini sudah memiliki Chang International Circuit yang sudah siap sedia untuk menggelar Moto GP.

Sebagai catatan, sirkuit ini pernah menggelar ajang World Super Bike pada Maret lalu. Tak hanya itu, sirkuit ini juga mendapat Grade A dari Federasi Olahraga Motorsport International (FIM) dan Grade 1 dari Federasi Olahraga Mobil International (FIA). Untuk diketahui, ajang Moto GP dan Formula 1 bernaung di bawah federasi tersebut.

Ibukota Kazakhstan, Astana (Skyscrapercity)

2. Kazakhstan

Untuk urusan Moto GP, geliat antusiasme Kazakhstan tak sebesar Indonesia. Namun kemauan keras pemerintah Kazakhstan agar negaranya mendapat pengakuan di dunia otomotif membuat Kazakhstan berhasrat untuk menggelar Moto GP 2017.

Mengutip Sport Rider September lalu, saat ini sirkuit yang rencananya bakal menjadi arena Moto GP sedang dalam pembangunan. Dan, Dorna sendiri sudah mengirim perwakilan mereka, Alfonso Tome untuk melihat perkembangannya.

Rencananya, Kazakhstan akan memilih kota Almaty sebagai tempat sirkuit untuk menyelenggarakan Moto GP. Nah, yang menjadi kekuatan Kazakhstan untuk menghelat Moto GP adalah adanya dukungan dari salah satu kandidat juara dunia musim ini, Jorge Lorenzo.

Beberapa waktu lalu, pembalap berjuluk Por Fuera itu terang-terangan mendukung Kazakhstan untuk menghelat Moto GP. "Saya mendapat informasi jika MotoGP berpeluang digelar di Almaty. Waktunya belum ditentukan. Tapi, kenapa tidak? Langkah pertama untuk menjadi tuan rumah MotoGP sudah dilakukan di sini," ujar Lorenzo seperti dikutip Vesti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Finlandia

Kymi Ring di  Finlandia (Crash)

3. Finlandia

Di dunia Formula 1, Finlandia mungkin cukup populer mengingat sudah banyak pembalap asal negeri ini yang berkecimpung di balapan jet darat tersebut. Namun di Moto GP, Finlandia belum bisa bicara banyak.

Nah, sebagai langkah awal, Finlandia pun bertekad menjadi salah satu tuan rumah Moto GP 2017. Sebagai bukti, Finlandia pun sekarang sedang membangun sirkuit Kymi Ring, yang terletak di timur utara ibukota negara, Helsinki.

Tekad untuk bisa menghelat Moto GP pun sudah diutarakan otoritas Finlandia.

"Balapan Formula 1 bukan target realistis karena besarnya jumlah uang yang harus dibayarkan untuk hak komersilnya. Uang sebanyak itu tidak bisa ditemukan sekarang di Finlandia. Sebaliknya, Moto GP, Super Bikes dan seri balapan seperti GP2, GP3, dan DTM sangat cocok dengan rencana kami," kata perwakilan pemerintah Finlandia, Karl O. Sohlberg di Crash.

Kabarnya, sirkuit ini akan memiliki 15 tikungan dan panjang 4,8 kilometer. (Def/Bog)

Baca Juga:

Perjalanan Jakarta-Bandung Kuak Sisi Unik Pelatih Persib

Head to Head Rossi vs Lorenzo di Sepang

Sudah Dipermalukan Inter, Milan pun Kehilangan Pemain

3 Skenario Rossi Juara Dunia MotoGP di Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini