Sukses

MotoGP Sepang: Marquez Mulai Ganggu Rossi Sejak Lap Kelima

Drama kedua pembalap hebat ini tidak langsung terjadi di awal balapan

Liputan6.com, Sepang - Rivalitas Marc Marquez dan Valentino Rossi menyajikan drama jelang berakhirnya MotoGP 2015. Insiden yang melibatkan kedua pembalap di sirkui Sepang, Malaysia, Minggu lalu, membuat publik terhenyak. Banyak yang mencibir aksi kotor Rossi, namun tak jarang juga yang menuding Marquez sebagai provokator.

Tak ada asap tanpa ada api. Pameo ini sedikit bisa menggambarkan situasi yang dihadapi kedua pembalap di Malaysia. Terlepas akhirnya Rossi mendapat hukuman penalti tiga poin dari direktur lomba, aksi Marquez selama balapan berlangsung juga tergolong pantas membuat Rossi kebakaran jenggot.

Seperti diketahui, Marquez sebenarnya sudah tidak berpeluang lagi merebut gelar juara musim ini. Namun hal itu tak membuatnya bersedia melepas Rossi melenggang begitu saja di Sepang. Pembalap asal Spanyol itu berulang kali terlibat duel dengan Rossi hingga akhirnya terjatuh di lap ke tujuh.

Pada balapan di Sepang, pole position sebenarnya dipegang oleh Dani Pedrosa. Sedangkan Marc Marquez dan Rossi berada di urutan kedua dan ketiga. Sementara pembalap Yamaha lainnya, Jorge Lorenzo yang menjadi rival terdekat Rossi harus start dari urutan keempat.

Di awal lomba, Lorenzo tampil menonjol. Pembalap asal Spanyol itu mampu merangsek hingga ke urutan kedua memanfaatkan kesalahan Marquez di lap 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Drama Rossi-Marquez

Drama dimulai saat Rossi berhasil melewati Marquez untuk pertama kalinya di tikungan keempat pada lap ke-4. Saat itu kedua pembalap beradu kencang di trek lurus dan The Doctor berhasil menyalip pembalap asal Spanyol itu melalui sisi dalam lintasan.

Saat lap ke-5 Marquez dengan penuh keyakinan sempat menyalip rossi pada tikungan 1, namun dengan cepat The Doctor berhasil berada di depan pembalap Spanyol itu lagi. Setelah melakukan usaha berkali-kali, akhirnya Marquez berhasil berada di depan Rossi setelah tikungan kelima.

Rossi menekan rem jelang tikungan ke-9, namun Marquez tetap berada di sisi luar. Rossi berganti ke dalam di tikungan 11 dan kembali berada di depan Marquez, meski dia hampir saja terjatuh--kakinya terpaksa terangkat dari pijakan kaki. Marquez memanfaatkan momen ini untuk kembali ke depan.

Saat lap ke-6 Rossi terus menekan Marquez di tikungan ketujuh. The Doctor berhasil menyalip pembalap asal Spanyol itu selepas tikungan kedelapan, namun Marquez kembali menyalip Rossi pada tikungan keempat belas. Pada lap ini, Rossi sempat mengangkat tangan kirinya ke arah Marquez.

Lap-7 menjadi puncak drama persaingan Rossi dan Marquez, karena pembalap muda Spanyol ini terjatuh setelah terlibat duel seru dengan The Doctor. Aksi salip-menyalip dilakukan kedua pembalap ini. pada tikungan ketiga belas Rossi duduk tegak dan melihat ke arah Marquez sebanyak dua kali sembari melambatkan laju kendaraannya untuk menekan Marquez ke luar lintasan. Keduanya pun bersenggolan, dan Rossi kemudian meninggalkan Marquez yang tergelincir ke sisi lintasan.  

3 dari 3 halaman

Cuplikan Sengitnya Rivalitas Rossi-Marquez


Duel antara kedua pembalap hebat beda generasi ini hanya berlangsung 3 lap, namun insiden ini akan selalu diingat dalam sejarah dunia MotoGP. Apa lagi Rossi yang menjadi pemeran utama dalam insiden ini. Karena nama pembalap asal Italia itu sudah sangat familiar dengan olagraga ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.