Sukses

Klopp vs Mourinho: Antara Rekor dan Hubungan Baik

Ini akan jadi duel kelima antara manajer Chelsea, Jose Mourinho dan manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Liputan6.com, Jakarta Chelsea akan berduel dengan Liverpool di pekan ke-11 Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (31/10/2015). Ini akan jadi duel kelima antara manajer Chelsea, Jose Mourinho dan manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Empat duel sebelumnya terjadi ketika Mourinho masih menukangi Madrid sedangkan Klopp di Borussia Dortmund. Sejauh ini, Klopp masih unggul atas Mourinho dengan mengemas dua kemenangan dan satu kali kalah.

Duel taktik antara keduanya pertama kali terjadi pada Oktober 2012. Dortmund dan Madrid sama-sama tergabung di Grup D Liga Champions dan di pertemuan pertama di Signal Iduna Park, markas Dortmund, Die Borussien menjinakkan Madrid 2-1.

Sepekan berselang, giliran Madrid yang menjamu Dortmund di Santiago Bernabeu. El Real nyaris saja takluk lagi andai Mesut Ozil, yang kini bermain buat Arsenal, tidak menciptakan gol pada menit ke-89. Pertandingan berakhir 2-2.

 

Baca Juga

  • Bintang Chelsea Mengemis Agar Mourinho Tidak Dipecat
  • Jelang Lawan Chelsea, Liverpool Dapat Kabar Baik dan Buruk
  • Legenda Chelsea Rayu Terry Pindah ke Timur Tengah



Pada babak semifinal, Klopp dan Mourinho kembali berduel. Di sinilah, Mourinho menelan kekalahan paling telaknya atas Klopp ketika Madrid dihempaskan 1-4 di leg pertama. Mourinho dan Madrid kemudian harus tersingkir dengan agregat 4-3 setelah Madrid hanya mampu menang 2-0 di leg kedua di Bernabeu.

Terlepas dari rekor di dalam lapangan, kedua manajer ini punya hubungan baik. Dalam jumpa pers pertamanya sebagai manajer Liverpool, Klopp secara diplomatis menolak menyinggung julukan The Special One, yang digaungkan Jose Mourinho ketika pertama kali datang ke Chelea. Dia sembari berkelakar memilih julukan The Normal One.

Pun begitu dengan Mourinho. Manajer yang biasanya doyan berkomentar kontroversial ini menolak membicarakan kedatangan Klopp ke Liverpool. "Saya tidak sedang berbicara soal Klopp. Saya punya hubungan baik dengannya dan tidak akan ada yang mengubah hal itu," kata Mourinho di Daily Star.

Di partai Sabtu nanti, entah nuansa apa yang akan muncul, keakraban atau ketegangan? Pasalnya, bagi Mourinho, ini bisa jadi partai penentuan nasibnya di Chelsea. Kemenangan atas Klopp bisa jadi memperpanjang nafasnya sebagai juru racik strategi Chelsea, sedangkan kekalahan, bukan tidak mungkin akan membuatnya terlempar dari Stamford Bridge. (Fie/Vid)

Rekor pertemuan Klopp vs Mourinho

Pertandingan: 4

Klopp menang: 2

Imbang: 1

Mourinho Menang: 1

Gol untuk Klopp: 8

Gol untuk Mourinho: 6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Jurgen Klopp