Sukses

FIFA Rilis Hasil Kunjungan ke Indonesia

Delegasi FIFA memulai agenda kunjungan ke Indonesia pada Senin (2/11/2015).

Liputan6.com, Jakarta Badan sepakbola dunia, FIFA mengunjungi Indonesia setelah mendapat sanksi pertengahan tahun lalu. Delegasi FIFA memulai agenda kunjungan ke Indonesia pada Senin (2/11/2015).

Setelah mengunjungi Kantor PSSI pagi hari, rombongan PSSI bertolak menuju Istana Negara untuk menemui Presiden Joko Widodo siang harinya. Dalam kesempatan itu, delegasi FIFA Kohzo Tashima (Exco FIFA), HRH Prince Abdullah (Exco FIFA) bersama Mariano Araneta (Exco AFC) yang berasal dari Filipina.

Dalam pertemuan tersebut, FIFA dan Pemerintah sama-sama mencari solusi untuk mengatasi masalah sepakbola Indonesia setelah disanksi FIFA buntut pembekuan yang dilakukan PSSI oleh Menpora Imam Nahrawi pada pertengahan April lalu.

Setelah kunjungan resmi itu, FIFA melalui situs resminya merilis hasil pertemuan tersebut. Berikut isi lengkapnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Produktif

Hari ini, Senin 2 November 2015, FIFA bersama FIFA dan AFC yang dipimpin Kohzo Tashima, HRH Pangeran Abdullah, dan Mariano Araneta menggelar pertemuan dengan Presiden Indonesia, Ir Joko Widodo untuk mencari solusi atas masalah sepakbola Indonesia setelah PSSI disanksi Komite Eksekutif FIFA pada 30 Mei 2015. 

Pertemuan ini juga menindaklanjuti keputusan Komite Eksekutif FIFA tanggal 25 September 2015; yang mengutus delegasi tingkat tinggi untuk pergi ke Indonesia. Sebelum pertemuan ini, delegasi bertemu dengan Presiden PSSI dan Pejabat PSSI lainnya.

FIFA, AFC, PSSI dan Pemerintah secara umum memandang Indonesia negara sepakbola dengan potensi besar. Reformasi diperlukan untuk memaksimalkan potensi ini. Presiden RI memahami reformasi apapun harus sejalan dengan Statuta FIFA. Pemerintah dalam hal ini setuju.

Presiden RI juga menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang urusan sepakbola di dalam negeri. Dia menegaskan komitemen untuk mengembangkan sepakbola. Delegasi ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya pada semua pihak, termasuk Presiden RI dalam pertemuan yang produktif ini. 

Pada 3 November 2015, delegasi akan bertemu dengan pemangku kepentingan sepakbola di Indonesia termasuk APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia) dan PT Liga Indonesia selaku penyelenggara kompetisi. Terakhir, kami akan bertemu dengan PSSI. (Rjp/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.