Sukses

Momen Kelam 2006 Hantui Rossi Jelang MotoGP Valencia

"Semoga tahun ini hasilnya tidak seperti 2006," kata Rossi.

Liputan6.com, Valencia - Valentino Rossi mengaku cemas jelang MotoGP Valencia, Minggu (8/11/2015). Momen kelam di Valencia, sembilan tahun yang lalu menghantui dirinya.

Pada tahun 2006 menjadi momen yang paling diingat oleh Rossi. Pria yang saat ini sudah berusia 36 tahun itu kehilangan gelar juara dunia MotoGP 2006 yang sudah di depan mata.

Padahal, sebelum balapan dimulai, Rossi sudah mengemas 244 poin, dia memuncaki klasemen pembalap sebelum MotoGP Valencia berlangsung. Pembalap asal Italia itu unggul delapan poin dari pesaing terdekatnya yang menunggangi Honda, Nicky Hayden.

Momen kelam Rossi tahun 2006

Jatuhnya Rossi membuat permainan Hayden kian mudah. Hingga garis finis, Hayden finis di posisi ketiga dan mengantongi 16 poin. Tambahan tersebut sudah membuat Hayden menjadi juara dunia MotoGP 2006 dengan mengemas 252 poin.

Baca Juga

  • Prediksi Legenda MotoGP Soal Duel Lorenzo-Rossi di Valencia
  • Cuplikan Tamparan Presiden Madrid yang Bikin Ronaldo Cemberut
  • Banding Kemenpora Ditolak, PSSI Unggul 2-0 di Meja Hijau
  • Kalah 2 Kali dari PSSI, Menpora Ajukan Kasasi



Sementara Rossi hanya berhasil menyalip dua pembalap, yakni James Ellison dan Garry McCoy. Rossi finis di posisi ke-13 dan mendapat tambahan tiga poin. Gelar juara dunia yang sudah di depan mata pun hilang. Poin akhir yang dikumpulkan Rossi pada 2006 adalah 247.

"Jujur, lintasan di Valencia bukanlah salah satu trek favorit saya. Tahun 2006, saya balapan dari posisi terdepan, tapi malah kehilangan gelar juara dunia," kata Rossi, seperti dikutip dari AS.

Rossi mengingat momen kelam itu karena kondisinya hampir serupa. Tahun ini, di Valencia, dia harus memulai balapan dari posisi terakhir akibat terlibat insiden dengan Marc Marquez di Sirkuit Sepang, Malaysia, dua pekan lalu. Mantan pembalap Ducati itu mencemaskan gelar juara dunia tahun ini yang sudah di depan matanya hilang, seperti tahun 2006.

Tahun ini, Rossi sudah mengumpulkan 312 poin. Dia unggul tujuh angka dari rekan setim sekaligus rivalnya dalam memperebutkan gelar juara dunia, Jorge Lorenzo.

"Saya berharap, hasil akhirnya tidak sama dengan 2006. Sebab pada musim lalu, saya bisa finis posisi kedua di Valencia. Hal yang terpenting bagi saya sekarang adalah fokus dan bermain maksimal seperti yang saya lakukan sepanjang kompetisi tahun ini," dia mengakhiri.(Cak/Ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini