Sukses

Ingin ke MotoGP, Ini Kiat-kiat dari Doni Tata

Sponsos adalah hal krusial yang harus dimiliki pembalap untuk naik kelas ke kejuaraan internasional.

Liputan6.com, Jakarta Nama Doni Tata Pradita sempat mencuat kala mengikuti balapan Moto2 di MotoGP pada 2013. Pernah mencicipi salah satu kelas bergengsi itu, Doni pun menguak hal-hal yang harus dipersiapkan seorang pembalap untuk masuk ke ajang tersebut.

"Yang pertama, kondisi fisik yang memadai. Yang kedua itu bahasa, karena kita di Eropa banyak pembalap dari berbagai negara. Paling tidak kita harus kuasai bahasa inggris untuk berdiskusi dengan mekanik. Kemudian skil kita sendiri," kata Doni Tata saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com, Jumat (6/11/2015).

Baca Juga

  • Jelang MotoGP Valencia, Presiden FIM 'Ceramahi' Para Pembalap
  • Profil Valentino Rossi: Berangkat dari Gokart dan Kegagalan
  • MotoGP Valencia: Free Practice 1 Milik Marquez, Rossi Kelima


Terlepas dari hal-hal itu, ada satu yang krusial dan punya peran bagi pembalap untuk naik kelas ke kejuaraan internasional. "Yang paling penting itu sponsor. Tanpa itu susah, karena olahraga motor ini olahraga yang mahal," ujar Doni.

Doni menambahkan, pembalap yang telah menjuarai berbagai kejuaraan nasional pun tak bisa langsung naik kelas ke Moto2. Ada turnamen yang harus diikuti para pembalap untuk membiasakan diri dengan persaingan ketat di level Moto2.

"Kita harus ikut turnamen di Eropa di Spanyol atau Italia untuk pembiasaan sirkuit. Di Spanyol itu namanya Spanish Championship yang punya tiga kategori. Untuk ke MotoGP, kita harus juara dulu di situ atau minimal lima besar. Itupun tak langsung ke kelas MotoGP, tapi ke Moto2 atau Moto3," ucap Doni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini