Sukses

Arema vs Gresik United: Wajib Menang

Derby Jatim akan mengawali kiprah Piala Jenderal Sudirman 2015, Selasa (10/11/2015).

Liputan6.com, Malang - Arema Cronus akan mengawali kiprahnya di Piala Jenderal Sudirman 2015, Selasa (10/11/2015). Pada laga perdana babak penyisihan Grup A, tim berjuluk Singo Edan itu akan menjajal kekuatan sesama tim asal Jawa Timur, Gresik United di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Menghadapi GU, Singo Edan bakal tampil dengan sejumlah wajah baru. Mulai dari duo Spanyol yang, Francisco ‘Kiko’ Insa Bohigues dan Antonio ‘Toni’ Jose Espinosa hingga Esteban Vizcarra yang 'membelot' dari Semen Padang. Kehadiran pemain-pemain ini, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh legiun asing Arema sebelumnya, yakni Fabiano Beltrame, Morimakan Koita, dan Lancine Kone.

Asisten Pelatih Arema Cronus I Made Pasek Wijaya berharap ketiga pemain ini bisa segera beradaptasi dengan pemain lain. Pasalnya, sebagai tuan rumah, Singo Edan enggan melewatkan laga perdana dengan poin minimalis. Kemenangan menjadi harga mati bagi Singo Edan.
 
"Tentu kita punya target, step by step harus bisa kita penuhi. Yang pertama adalah lolos babak grup. Karena itu lawan Persegres kita harus menang,” kata Made Pasek di Malang, Jawa Timur, Senin (9/11/2015).

"Para pemain harus memberikan penampilan terbaik dan menjalankan instruksi pelatih," beber Made.
 
Selain penting buat modal menghadapi laga selanjutnya, kemenangan di laga pembuka punya prestisius tersendiri. Maklum, duel ini rencananya akan disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang hadir untuk membuka Piala Jenderal Sudirman. Dalam laga ini, Singo Edan juga akan memamerkan kostum terbarunya. (Baca berita lengkapnya pada tautan ini).

Sementara itu, Gresik United sadar diri menghadapi kiprah perdananya di turnamen ini. Lawan yang punya nama besar dan persiapan tim yang tergolong minim, membuat Kebo Giras enggan muluk-muluk dalam memberi target kepada para pemainnya. Apalagi, Gresik United akan tampil tanpa pemain impor.

Belum lagi rekor lima pertemuan terakhir yang tak pernah menang dari Arema. "Target kita tentu sama dengan semua tim yakni bisa lolos dari babak grup. Tapi kita tahu diri siapa yang jadi lawan kita yaitu Arema dengan segala kekuatannya yang terus bertambah,” kata Widodo C Putro, pelatih GU, Senin (9/11/2015).

Widodo hanya menuntut pemainnya menikmati pertandingan melawan Arema. "Arema tim besar yang sudah matang. Apalagi ini bermain di kandang mereka. Tapi kami semua harus optimis, masalah hasil akhir nanti lihat saja saat peluit akhir pertandingan,” ucap Widodo.
 
Selain Arema, Gresik United juga akan berhadapan dengan Persipasi Bandung Raya, Persija Jakarta, dan Sriwijaya FC di Grup A. Di antara tim-tim ini, Widodo memposisikan pasukannya sebagai underdog. "Tapi karena kita underdog itulah menjadi motivasi tersendiri. Sekarang tinggal bagaimana fighting spirit para pemain di setiap pertandingan,” ujar Widodo. (Rco/Rjp)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Preview

Prediksi Line Up
Arema Cronus (4-3-3)
Made Wardana (gk), Hasim Kipuw, Purwaka Yudi, Kiko Insa, Junda Irawan, Ahmad Bustomi, Dio Permana, Esteban Vizcarra, Toni Espinosa, Cristian Gonzales, Samsul Arif.
Pelatih: Joko Susilo

Gresik United (4-2-3-1): Aji Saka (gk), Wismoyo Widhistio, Dedi Indra, FX Yanuar, David Faristian, Bima Sakti, Jefri Kurniawan, Rendi Irwan, Fitra Ridwan, Rico Simanjuntak, Qischil Gandrum
Pelatih: Widodo C Putro

Head to head:
05/06/14 ISL Gresik United 0 - 0 Arema         
08/05/14 ISL Arema 5 - 0 Gresik United     
14/06/13 ISL Arema 1 - 1 Gresik United     
07/03/13 ISL Gresik United 1 - 2 Arema     
30/06/12 ISL Arema 0 - 0 Gresik United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini