Sukses

Indonesia Raih Emas di World Karate Championship WKF Junior

Medali emas pertama disumbang Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari nomor Junior Kata Male.

Liputan6.com, Serpong - Ahmad Zigi Zaresta Yuda menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia dalam kejuaran dunia World Karate Championship WKF Junior, Cadet and U21 di Indonesia Convention and Exhibition, Serpong, Banten, Kamis (12/11/2015). Karateka 17 tahun itu meraih medali emas dari nomor Junior Kata Male.

Zigi (sapaan akrabnya) mengalahkan karateka Spanyol, Pereda Elorduy Xabier, dengan skor 3-2. Kemenangan itu membuat Indonesia untuk kali pertama meraih emas di turnamen yang sudah digelar sebanyak sembilan kali tersebut.

"Terima kasih untuk warga Indonesia yang telah mendukung saya lewat doa-doa mereka," kata Zigi usai pertandingan.

Karateka Indonesia Ahmad Zigi Zaresta menengadah usai memastikan kemenangan di final Junior Kata Male di WKF  World Junior, Cadet and U-21 Championship 2015 di ICE Serpong, Kamis (12/11/2015). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Baca Juga

  • Jelang Manchester City vs Liverpool, Sterling Antusias
  • Jelang Lawan PBR, Arema Cronus Asah Kekompakan di Batu
  • Karateka Indonesia Siap Berlaga di Kejuaraan Dunia U-21

Kemenangan Zigi ini sekaligus membalas kekalahan dari Xabier pada kejuaraan yang sama pada 2013 silam. "Ini seperti balas dendam. Waktu dua tahun lalu di Spanyol, saya kalah sama dia di perebutan juara ketiga. Jadi sekarang kurang lebih saya sudah mengetahui trik dia," ucapnya.

Karateka asal Lombok itu kini menargetkan ajang yang lain. Saat ini, Zigi masih berharap dapat bertanding di PON 2016, SEA Games, dan Asian Games pada masa mendatang.

"Yang membuat saya seperti ini adalah suntikan motivasi dari pelatih dan juga ibu saya (Hustiana). Ibu saya yang paling berjasa, saya rindu sama Ibu karena sudah tiga bulan tidak ketemu gara-gara latihan ini," beber Zigi.

Zigi merupakan satu-satunya atlet yang meraih medali dari sembilan atlet Indonesia yang bertanding pada hari ini. Total Indonesia mengirimkan 35 karate pada turnamen ini. (Ton/Bog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.