Sukses

Persipura vs Bali United: Mutiara Hitam Kembali

Persipura bakal memulai petualangan di Piala Jendral Sudirman dengan menghadapi tuan rumah Bali United

Liputan6.com, Gianyar - Kerinduan suporter Persipura Jayapura bakal terobati akhir pekan ini. Mutiara Hitam kembali turun gelanggang setelah hampir 4 bulan vakum. Pertama kali, sejak kompetisi berhenti di tengah jalan pertengahan tahun lalu, Persipura kembali berlaga di level kompetitif.

Persipura ambil bagian di Turnamen bertajuk Piala Jendral Sudirman (PJS) 2015. Finalis ISL 2014 ini bergabung di grup B bersama Bali United, Semen Padang, Mitra Kukar, dan PSM Makassar. Persipura bakal memulai petualangan di ajang ini dengan menghadapi tuan rumah Bali United, Sabtu (14/11/2015) hari ini di Stadion Gelora Dipta, Gianyar.

Menghadapi perhelatan ini, Persipura memang tidak setengah-setengah. Kampiun ISL 4 kali ISL ini memanggil pulang para pemain bintang. Boaz Solossa dan Ferinando Pahabol yang memperkuat PBFC di Piala Presiden dipanggil pulang. Begitu juga dengan Lancine Kone. Pemain asal Pantai Gading ini diminta kembali ke Persipura setelah membela Arema Cronus di ajang Piala Presiden lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Mutiara Hitam

Kendati demikian, Persipura bukan tanpa tantangan menghadapi pertandingan ini. Pelatih Persipura, Oswaldo Lessa secara gamblang mengungkapkan, kebugaran pemain menghantui persiapan timnya menatap partai ini. 

Sekadar catatan, Persipura terakhir kali tampil di laga kompetitif ketika tandang ke Malaysia untuk menghadapi Pahang FA di babak 16 besar AFC Cup. Duel tersebut berlangsung 26 Mei 2015.

Diketahui, 8 pemain Persipura baru memperkuat tim untuk menghadapi laga kontra Bali United setelah memperkuat tarkam di Pare-Pare bertajuk Habibie Cup 2015. Mereka adalah: Boaz Solossa, Lancine Kone, Yohanes Ferinando Pahabol, Viktor Pae, Robertino Pugliara, Bio Paulin Pierre, dan Lim Jun-sik.

"Kami harus memulihkan kondisi. Terlebih, pemain lama tidak latihan. Selama ini, kami hanya satu kali berlatih full team," keluh Lessa pada wartawan. 

Lessa sendiri tidak menyangkal, lama menepi dari lapangan hijau bakal memberikan dampak negatif bagi tim asuhannya. Aura kompetisi hilang dari Persipura. Sejak ISL distop pertengahan tahun ini, manajemen Merah Hitam membubarkan diri. Juara Liga Indonesia 2005 ini juga menolak tampil di Piala Presiden beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Oswaldo menyatakan, itu tidak bisa dijadikan alasan Persipura bakal melempem di  laga pembuka."Kondisi fisik, teknik, dan taktik menurun. Tapi itu tidak masalah. Persipura ini tim besar dan selalu siap tampil," kata Oswaldo.

Membedah kekuatan lawan, mantan tangan kanan Jacksen F Tiago ini meminta tim untuk bermain kolektif. Fokus pada kekompakan antar lini. Dari belakang, tengah, depan harus kompak. Kalau begitu Persipura bisa menang besok."

3 dari 4 halaman

Bali United Pernah Kalah Telak

Pada perhelatan ISL 2015, kedua kubu sempat bersua.Tepatnya pada 8 April 2015. Ketika itu, Bali United menyerah dengan skor telak 2-5 di laga kedua ISL. Dua dari lima gol Persipura ketika itu dicetak Zulham Zamrun. Tiga gol tambahan Persipura masing-masing disarangkan oleh Boaz, Yustinus Pae dan legiun asal Argentina, Robertino Pugliara.

Pemain Bali United, Bayu Gatra menilai Persipura tim kuat. Meski vakum cukup lama dari lapangan hijau, menurut punggawa Timnas U-23 Indonesia ini, Persipura tim yang patut diperhitungkan.

Terlebih, Persipura turun dengan kekuatan penuh dengan deretan pemain bintang seperti Boaz, Feri Pahabol dan Kone."Persipura tim kuat. Kami harus waspada," kata Bayu saat ditemui di Mess Bali United, Jumat (13/11/2015). "Itu sangat menentukan buat kita. Tapi, saya siap lawan Persipura. Dan, yang terpenting fokus," imbuhnya.

Pemain jebolan PON Kaltim ini menyatakan, tahu betul karakter Boaz karena satu tim dengan mereka di ajang Habibie Cup memperkuat Sidrap United. "Saya tahu gaya bermain Boaz. Saya pernah satu tim dengan dia," kata Bayu pada wartawan di Bali.

Sementara itu, pelatih Indra Sjafri percaya diri menatap pertandingan ini. Mantan pelatih Timnas U-19 itu menilai tim asuhannya telah menunjukkan permainan positif setelah menekuk Persebaya United 4-1 di ajang ujicoba. Indra merasa, pemain mampu menerjemahkan perintahnya di lapangan. "Mereka menunjukkan memang bahwa mereka pemain yang punya potensi. Untuk sementara positif. ," tutur mantan pelatih Timnas U-19 tersebut.

Ini baru sebagian saja. Selanjutnya akan lebih baik ini. Pasti akan lebih baik dari ini. Hati-hati," ujar Indra menebar ancaman pada lawan Bali United di Piala Jendral Sudirman. (Rjp/Rco)

4 dari 4 halaman

Head to Head

Lima Pertandingan Terakhir Bali United

27-09-2015 Bali United 2-3 Arema
07-09-2015 Bali United 2-1 Persita
03-09-2015 Bali United 2-2 Mitra Kukar
08-04-2015 Persipura 2-5 Bali United
04 -04- 2015 Perseru 2-1 Bali United

Lima Pertandingan Terakhir Persipura Jayapura

12-05-2015 Bengaluru 1-3 Persipura
28-04-2015 Persipura 6-0 Warriors
14-04-2015 Persipura 0-0 Maziya
08-04-2015 Persipura 5-2 Bali United
04-04-2015 Persipura 2-0 Persiram

Prediksi Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Moch Dicky, Endra Permana, Agus Nova, Adi Parwam Ricky Fajrin, Fadil Sausu, Hendra Sandi, Nerius Alomn, Nyoman Sukaraja, Lerby Eliandry, Yabes Rony

Persipura Jayapura (4-2-3-1): Ferdiansyah, Riccardo Salampessy, Rony Esar, Bio Pauline, Yustinus Pae, Robertino Pugliara, Lancine Kone, Nelson Alom, Lim Jun-sik, Boaz Solossa, Ricky Kayame 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini