Sukses

PSM Vs Mitra Kukar: Kental Aroma Balas Dendam

Pada perhelatan Piala Presiden 2015, PSM tersingkir di fase grup.

Liputan6.com, Gianyar - PSM Makassar bakal menjalani laga perdana babak penyisihan Grup B Piala Jenderal Sudirman 2015 di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (14/11/2015) besok.

Aroma balas dendam kental terasa di laga ini. Pada perhelatan Piala Presiden 2015, PSM tersingkir di fase grup. Ketika itu Juku Eja kalah produktivitas gol tandang atas Mitra Kukar. Naga Mekes, julukan Mitra Kukar, pun akhirnya melaju ke babak perempat final.

Menghadapi perhelatan Piala Jenderal Sudirman, PSM tidak ingin sekadar numpang lewat. PSM menambah tiga amunisi melalui bantuan Silvio Escobar, Patrice Nzekou, dan Banake Basoken. Kehadiran mereka diharapkan mampu membawa energi positif di dalam tim sepanjang turnamen ini.

Liestiadi menegaskan timnya siap tempur menghadapi pertandingan ini. "Kami sudah siap," ujar mantan pelatih Persegres Gresik United tersebut. 

Hanya saja PSM diragukan masih tanpa Syamsul Chaerudin yang didiagnosa mengalami gejala tipus. Namun kemungkinan sudah bisa tampil di laga perdana ini. "Saya sudah lebih baik. Doakan saja kesehatan saya tidak terganggu," ujarnya. Syamsul sendiri kini telah berada di Bali setelah melewatkan beberapa sesi latihan. 

Sang pelatih pun telah memiliki "Plan B" kendati tanpa Syamsul. Rotasi pemain plus kombinasi pemain senior dan junior. Sebelum bertolak ke Bali, PSM minus 4 pemain ketika latihan. "Dalam kondisi seperti ini, pelatih harus punya cara guna menyiasati kondisi dan materi tim. Itu sebabnya rotasi pemain sangat diperlukan."

"Mengenai peluang mereka bisa bermain atau tidak, saya bakal berkoordinasi dengan tim medis. Saya percaya Syamsul dan Ardan Aras sudah pulih ketika menghadapi Mitra Kukar."

Namun bila nantinya Syamsul dan Ardan absen, Liestiadi bisa menugaskan Ridwan Tawainella dan Patrice Nzekou berduet di lini tengah. Sebelumnya Nzekou sempat ditempatkan di posisi bek sayap kiri di dua pertandingan terakhir lantaran minimnya stok pemain di posisi tersebut. Namun kekosongan di pos tersebut sudah ditambal dengan kehadiran Rendy Siregar.

"Mengenai formasi bisa saja 4-4-3, 4-4-2 atau 4-2-3-1. Tergantung situasi. Nanti kami lihat strategi yang dipakai. Semuanya akan diputuskan jelang pertandingan," ujar mantan asisten pelatih Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2014 itu.

Di lain pihak, pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, masih menunggu pemain H-1 jelang pertandingan kontra PSM. Naga Mekes kini masih menunggu 3 pemain asing dari Brasil, yakni Patrick, Arthur, dan Rodrigo. 

Eks pelatih Semen Padang ini mengaku masih butuh waktu untuk memastikan mereka bisa langsung bermain dengan tim. "Besok pagi masih ada latihan. Kalau kondisinya memungkinkan bisa (dimainkan). Pertimbangannya besok," kata Jafri.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.