Sukses

Kunci Sukses Karateka Indonesia Cetak Hattrick Atas Spanyol

Tiga dari empat emas Indonesia di Kejuaraan Dunia Karate WKF Junior, Kadet, dan U21 diperoleh usai mengalahkan wakil Spanyol di final.

Liputan6.com, Jakarta Hingga hari keempat Indonesia sudah berhasil merebut empat emas dari Kejuaraan Dunia Karate WKF Junior, Kadet, dan U21. Menariknya, tiga dari empat emas yang diperoleh Merah Putih diraih usai mengalahkan wakil dari Spanyol.

Dominasi Indonesia atas Spanyol pada event ini diawali lewat aksi Ahmad Zigi Zaresta di nomor Junior Kata Putra. Di babak final karateka yang akrab disapa Zigi itu sukses membekuk wakil Spanyol, Pereda Elorduy Xabier dengan skor 3-2.

Di hari kedua (13/11/2005) kejuaraan yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang, itu, Indonesia kembali melanjutkan hegemoninya atas karateka Negeri Matador. Faqih Karomi yang tampil di Kumite Putra -70kg Kadet juga berhasil mengalahkan Camacho Torres Marc dengan skor 5-2.

Baca Juga

  • Menanti Aksi Karateka Kembar dari Makedonia
  • Indonesia 4 Emas, Iwan Fals: Semoga Makin Rajin Latihan
  • Lawan Surabaya United, PS TNI Andalkan Kekompakan Tim


Kontingen Indonesia mencetak hattrick kemenangan atas Spanyol di baba final pada hari ketiga. Muhammad Fahmi Sanusi yang tampil di kelas Junior Kumite Putra -76 kg berhasil mengalahkan Alejandro Molina Arencon dengan skor 2-1.



Kemenangan ini terbilang fantastis mengingat Arencon adalah satu-satunya wakil Spanyol yang merebut emas di event yang sama dua tahun lalu. Saat itu, Arencon keluar sebagai juara saat tampil di nomor kumite kadet putra -70 kg.

Arencon tak mampu menyembunyikan kekecewaannya atas hasil ini. Raut kekesalan masih terlihat di wajahnya ketika naik podium penerimaan medali.

Sementara satu emas lainnya didapat Indonesia dari Ceyco Georgia Hutagalung yang tampil di nomor Kumite Putri Junior kelas -59 kg. Di final Ceyco mengalahkan wakil Turki, Eltemur Elda, 5-2.

"Anak-anak bermain lepas. Sejak awal kami memang sudah mempersiapkan taktik dan strategi yang akan dipakai. Dan semuanya diterapkan anak-anak," ujar Pelatih Indonesia, Syamsuddin.

Karateka-karateka Indonesia kembali akan tampil di enam nomor hari ini, Minggu (15/12/2015). Namun Syamsuddin enggan memprediksi berapa keping medali lagi yang akan dibawa pulang.

"Yang penting tampil maksimal saja. Mengenai target medali, kami tidak bisa sebutkan. Mudah-mudahan hari ini bisa berlanjut dapat medali." (Rco/Rjp)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.