Sukses

Kenangan Sosok Sinyo Aliandoe, Pelatih yang Tak Bisa Marah

Rully Nere merasa akrab dengan Sinyo, karena memanggil Om.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan bintang tim nasional Indonesia era 80-an, Rully Nerre, menilai sosok Sinyo Aliandoe sebagai sosok yang tidak bisa marah. Selama ditangani Sinyo, Rully mengaku tidak pernah dimarahi.

"Kita semua panggil dia om, jadi terasa lebih dekat. Orangnya sangat baik dalam melatih, tidak galak," kenang Rully Nerre di Rumah Duka Carolus, Rabu (18/11/2015).

Baca Juga

  • Setelah 15 Tahun, El Clasico Akhirnya Tanpa Xavi dan Casillas
  • Sambangi Milan, Lorenzo dan Marquez Dikawal Bodyguard
  • Kisah Satpam Muslim Cegat Bomber Stade de France

Pria asal Papua ini sempat mengecap kesuksesan bersama Timnas saat ditangani Sinyo. Mereka nyaris menembus Piala Dunia 1986 andai saja tidak kalah dari Korea Selatan di babak playoff.

"Itu adalah salah satu momen yang paling dikenang oleh kami, bahkan masyarakat Indonesia kebanyakan," ucap Rully.

Dapat dikatakan hingga saat ini belum ada pelatih lain yang dapat menyamai prestasi Sinyo. Rully berharap ke depannya ada sosok-sosok yang mampu memetik pelajaran dari sosok Sinyo Aliandoe.

"Satu hal yang sangat ditonjolkan dalam melatih adalah rasa kekeluargaan. Kita semua sangat akrab. Kita panggil dia om, dia panggil kita boys (anak-anak). Jadi itu yang membuat kita semua lebih dekat," katanya.

"Om Sinyo bisa menyatukan kita semua di Timnas, padahal kalau di Timnas kan latar belakangnya berbeda-beda. Ini yang harus menjadi perhatian pelatih-pelatih saat ini. Dia juga selalu bercanda dan dekat dengan pemain, tidak memberi aturan ketat, hanya saja kita sebagai pemain selalu diminta untuk bertanggung jawab dan bergerak dengan kesadaran sendiri," paparnya.(Win/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.