Sukses

Arema Vs Sriwijaya: Kental Aroma Dendam

Ini menjadi duel ulangan semifinal Piala Presiden 2015 beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Malang - Aroma balas dendam terasa jelang duel babak penyisihan grup A Piala Jendral Sudirman 2015 yang mempertemukan Arema Cronus kontra Sriwijaya FC, Minggu (22/11/2015) besok di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Ini menjadi duel ulangan semifinal Piala Presiden 2015 beberapa waktu lalu. Ketika itu, Arema disingkirkan SFC di semifinal. Pada pertemuan kedua, Laskar Wong Kito memetik kemenangan 2-1 setelah bermain imbang 1-1 di pertemuan pertama.

Pertandingan ini bakal menjadi ajang balas dendam bagi Arema. Pelatih Arema, Joko "Gethuk" Susilo pun memasang target, membayar kegagalan di semifinal Piala Presiden pada pertandingan ini. Ini pertandingan penting, saya tentu ingin membalas kekalahan dari SFC," kata Pelatih Arema Cronus, Joko Susilo di Malang, Jumat (20/11/2015).

Menilik rekor pertemuan, sejatinya Arema memiliki rekor pertemuan yang cukup berimbang dengan SFC. Dari seluruh pertandingan di semua ajang kompetisi, Arema mampu memetik 9 kemenangan, 8 hasil imbang. Meski demikian, setelah kemenangan di babak 4 besar Piala Presiden beberapa waktu lalu, SFC juga membukukan 9 kemenangan atas Arema.

Total sudah tiga kali SFC dan Arema bertemu di level turnamen sepanjang 2015. Pertama, di final SCM Cup 2015 di mana Arema menang 1-0, kedua di semifinal Piala Presiden, dan kini di babak grup Piala Jendral Sudirman.

Frekuensi pertemuan dengan SFC yang terhitung tinggi membuat Joko sudah mengenal pola permainan tim besutan Benny Dollo tersebut. "Sriwijaya tampil seperti di turnamen sebelumnya, pelan tapi pasti. Kita harus waspada karena bisa jadi mereka menyimpan kekuatan sesungguhnya," ujar Joko.

Pandangan yang dikemukakan Joko cukup masuk akal terutama di babak penyisihan grup Piala Presiden, SFC justru menelan kekalahan 1-3. Namun, SFC ternyata sanggup menyingkirkan Arema di semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa El Loco

Selama perhelatan Piala Jendral Sudirman 2015, Arema sudah memetik dua kemenangan dari tangan Persegres Gresik United dan Persipasi Bandung Raya (PBR). Peluang Arema melanjutkan langkah ke fase knock-out (KO) terhitung besar.

Namun masalah menghadang Arema jelang laga kontra SFC. Bomber gaek Cristian El Loco Gonzales mengalami cedera. Pada latihan Jumat lusa lalu, pemain naturalisasi Indonesia ini absen latihan. "Sore ini kami latihan tanpa Gonzales. Saya belum menerima laporan atas cedera yang dialaminya," kata Joko di Malang, Jumat (20/11/2015).

Kendati demikian, Joko berusaha tetap tenang. Kedalaman skuat yang dimiliki Arema membuat sang arsitek memiliki pilihan banyak pemain."Kami yakin siapapun nanti yang turun akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik," ucap Joko.

Selain El Loco yang diragukan bisa fit untuk menghadapi pertandingan ini, gelandang jangkar I Gede Sukadana dipastikan menepi karena cedera. Dokter tim, Nanang Tri Wahyudi sudah tidak memberikan lampu hijau pada pemain asal Bali ini bermain pada staff pelatih.

"Saya tidak mungkin paksakan kondisi ini, mau tidak mau saya harus pulihkan dulu cedera ini, baru mungkin tim pelatih akan memainkan saya lagi," sambung mantan pemain Persela Lamongan ini. Sebagai gantinya, kemungkinan besar Joko Susilo bakal memainkan Dio Permana. Pemain tersebut merupakan jebolan dari Arema U-21.

3 dari 3 halaman

Arema Bukan Masalah Besar

Di kubu SFC, asisten pelatih Hartono Ruslan menilai bila Arema bukan masalah besar. Pengalaman menekuk Arema menjadi modal timnya untuk mengulang sukses serupa di ajang Piala Presiden beberapa waktu lalu.

"Itu bukan masalah besar buat kami. Kami bakal siapkan skuat terbaik ketika bertemu mereka," ucap Hartono. SFC baru sekali tampil di Piala Jendral Sudirman dengan memetik kemenangan 1-0 atas Persegres Gresik United.

Striker Titus Bonai dan Patrich Wanggai kemungkinan besar bakal kembali ditampilkan Benny Dollo pada pertandingan ini. Ferdinand Sinaga dan Asri Akbar pun memiliki peluang besar tampil sebagai starter. Asri tampil cukup menjanjikan pada perhelatan Piala Presiden 2015 lalu. Terbukti, dia menjadi salah satu pencetak gol ke gawang Arema di leg 2 semifinal Piala Presiden 2015 lalu.

Masalah yang dihadapi SFC sekarang, mengembalikan kebugaran pemain."Semoga semua fisik pemain pulih, bila kami bisa,  kami bakal mendapatkan komposisi terbaik. Karena kami yakin Arema tidak mau lagi kalah dan bermain lebih ngotot," ujarnya.  (Rjp/Def)

Perkiraan susunan pemain

Arema Cronus: Kadek, Kipuw, Kiko, Purwaka, Junda, Dio, Revi, Toni, Vizcarra, Samsul, Sunarto

Sriwijaya FC: Dian Agus, Fathur Rahman, Maiga, Fachrudin, Wildansyah, Hisyam, Ichsan, Simeone, Musafri, Tibo, Saha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.