Sukses

Terpuruk Musim ini, Ada Apa dengan Chelsea?

Tentu ini sangat ironis mengingat Chelsea merupakan tim berstatus juara bertahan Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Berada di papan bawah mungkin tak pernah ada di benak seluruh elemen Chelsea atau penggemarnya di seluruh dunia. Namun faktanya, hingga pekan ke-13, The Blues masih berada di posisi ke-15 dengan koleksi 14 poin.

Tentu sangat ironis mengingat Chelsea merupakan tim berstatus juara bertahan Liga Inggris. Mereka juga masih bertarung di kompetisi klub paling elite di benua biru, Liga Champions.

 

Baca Juga

  • Demi Gaji Besar, Rodgers Hijrah ke Qatar
  • Diam-diam Ibrahimovic Ingin Gabung Klub Raksasa London
  • Muller: Muenchen Sulit Menangi Bundesliga



Dari 13 laga yang sudah dijalani, Chelsea sudah menelan 7 kekalahan, atau yang pertama bagi manajer Jose Mourinho dalam satu musim pada 15 tahun terakhir.

Ironisnya kekalahan tersebut tidak hanya dari klub besar seperti Manchester City dan Liverpool, tetapi juga dari klub papan tengah seperti Southampton, Crystal Palace, West Ham, hingga Stoke City.

Lalu ada apa sebenarnya dengan Chelsea? Diyakini ada beberapa faktor yang membuat mereka terpuruk musim ini. Salah satu yang paling besar adalah hilangnya sosok pemimpin di lapangan.

Musim lalu saat menjadi juara, ada sosok John Terry, Petr Cech, Didier Drogba, dan Branislav Ivanovic yang memimpin para pemain muda lain. Namun musim ini hanya tersisa Terry dan Ivanovic.

Sayang kedua pemain itu justru seperti membawa beban yang berat di lapangan. Akibatnya keduanya justru tampil di bawah performa dan membuat Mou kerap mencadangkannya.

Kesalahan besar kedua Chelsea adalah minim pergerakan di bursa transfer musim panas lalu. Mereka hanya membeli Asmir Begovic, Pedro, dan dua pemain yang kurang dikenal, Baba Rahman dan Papy Djilobodji. Hanya Begovic dan Pedro yang kerap tampil, sementara Rahman dan Djilobodji belum memberikan kontribusi besar.

Tak heran sejumlah klub sudah bisa membaca taktik Mourinho karena pemainnya itu-itu saja. Apalagi jika salah satu dari penggawa inti cedera, maka pemain pengganti tidak punya kualitas yang sepadan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Hazard

Faktor ketiga yang membuat Chelsea terpuruk adalah Eden Hazard. Seiring performa Hazard yang menurun musim ini maka menurun pula performa Chelsea.

Musim lalu Hazard merupakan kunci The Blues menjadi juara. Sumbangan 14 gol dan 12 assist-nya mampu membuat Chelsea kokoh di puncak.

Namun musim ini Hazard baru menyumbang tiga assist dari 13 laga tanpa satu gol pun di Liga Inggris. Bahkan dia sempat berdebat dengan Mourinho terkait posisinya musim ini.

Hazard meminta untuk menjadi playmaker sehingga lebih bebas bergerak. Tapi Mou bersikukuh untuk tetap memasangnya sebagai pemain sayap kiri seperti musim lalu.

Patut ditunggu bagaimana cara Mourinho mengatasi permasalahan di timnya. Yang jelas dalam dua laga terakhir cara Mou sudah efektif karena Chelsea meraih dua kemenangan beruntun.

Ujian kembali menanti pada akhir pekan ini. The Blues akan bertandang ke White Hart Lane, markas Tottenham yang sedang dalam puncak performa.

Kemenangan akan menambah kepercayaan diri Chelsea di Liga Inggris. Sebaliknya kekalahan bakal membuat tugas mereka finis di posisi empat besar bertambah berat, kita tunggu saja. (Vid/Tho)*

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris