Sukses

5 Pemain U-21 Paling Sering Tampil di Piala Jendral Soedirman

Satu orang merupakan kiper, siapa dia?

Liputan6.com,- Mahaka selaku promotor turnamen Piala Jendral Sudirman 2015 membuat regulasi khusus pada setiap peserta agar menyertakan 2 pemain dari Tim U-21 ambil bagian.

Regulasi tersebut sejauh ini masih bersifat formalitas. Pemain tim U-21 lebih banyak menghiasi bangku cadangan. Meski demikian, bukan berarti semua kontestan tidak percaya dengan performa tim U-21.

Selain Evan Dimas yang menjadi tulang punggung Surabaya United, setidaknya, terdapat empat pemain U-21 yang mendapat kepercayaan sering tampil di Piala Jendral Sudirman. Hanya saja, para pemain tersebut merupakan jebolan Timnas U-19 Indonesia warisan Indra Sjafri. Siapa saja mereka, berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rudolf Yanto Basna

1. Rudolf Yanto Basna (Mitra Kukar)

Pemain jebolan Timnas U-19 Indonesia ini agaknya mampu meluluhkan hati sang pelatih, Jafri Sastra selama perhelatan Piala Jendral Sudirman. Selama bermain di gelaran milik TNI ini, Rudolf bermain di tiga pertandingan. Itu menjadi jumlah tertinggi bagi pemain dari tim U-21. Rudolf ditugaskan sebagai pembagi bola. Terbukti, operan sukses pemain 20 tahun itu mencapai 80 kali dengan 270 menit bermain.

3 dari 6 halaman

Hendra Sandi Gunawan

2. Hendra Sandi Gunawan (Bali United)

Sama seperti Rudolf, Hendra Sandi juga merupakan alumni pemain Timnas U-19 Indonesia. Hendra kini mengikuti Indra Sjafri yang melatih Bali United. Di bawah asuhan Indra, Hendra ditugaskan sebagai pemasok bola. Akurasi mengirim umpan yang mumpuni, membuat Hendra tercatat mampu melesakkan 199 operan, dengan operan gagal sebanyak 32 kali. Hingga memasuki menti akhir babak penyisihan grup, Hendra yang berusia 20 tahun sudah mengantongi 269 menit bermain.

4 dari 6 halaman

Putu Gede

3. Putu Gede (Putu Gede)

Sementara itu, Putu Gede yang berposisi sebagai bek Surabaya United, sudah dua kali tampil di babak penyisihan grup dengan mengantongi 180 menit bermain. Putu Gede kini berusia sama dengan tiga pemain, Rudolf Yanto dan Hendra Sandi yakni 20 tahun. Pengalaman di Timnas U-19 tampaknya sangat berpengaruh bagi keputusan sang pelatih, Ibnu Grahan untuk selalu memberikan tempat bagi pemain 20 tahun tersebut menjadi starter.

5 dari 6 halaman

Dicky Indrayana

4. Dicky Indrayana (Bali United)

Pemain ini berposisi sebagai kiper. Selama perhelatan Piala Jendral Sudirman, Dicky mampu membuat penyelamatan gemilang. Dia selalu menjadi pilihan Indra Sjafri di bawah mistar. Dicky mendapat kepercayaan bermain di dua pertandingan selama 180 menit. Kiper kelahiran 1989 juga menjadi pemain termuda yang mewakili skuat U-21, di usia 18 tahun. Praktis, Dicky menjadi pemain termuda yang paling sering tampil sejauh ini di Piala Jendral Sudirman.

6 dari 6 halaman

Evan Dimas

5. Evan Dimas (Persebaya United)

Siapa tidak kenal dengan Evan Dimas? Ya, mantan Kapten Timnas U-19 dan U-23 Indonesia ini menjadi andalan pelatih Persebaya United, Ibnu Grahan. Sepanjang Piala Jendral Sudirman, Evan telah tampil di 2 pertandingan dan mengantongi 153 menit bermain. Ketika menghadapi Persela Lamongan, pemain belia 20 tahun ini menjadi penentu kemenangan tim dengan skor 4-3. Dia mencetak gol di menit akhir pertandingan. (Rjp/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini