Sukses

Tekuk Mitra Kukar, Persipura Juara Grup B Piala Jendral Soedirman

Gol semata wayang Persipura dicetak oleh striker muda Ricky Kayame di menit 48.

Liputan6.com, Gianyar- Persipura Jayapura memastikan diri keluar sebagai juara grup B piala Jendral Sudirman 2015. Kepastian itu didapat setelah Mutiara Hitam mengandaskan Mitra Kukar dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan di Stadion I Wayan Dipta, Ginyar, Bali, Minggu (29/11/2015).

Persipura mengantongi 9 poin dari 4 pertandingan yang telah dilakoni. Tim besutan Oswaldo Lessa ini menggesera Semen Padang yang sebelumnya bertengger di peringkat pertama grup B membukukan 6 poin. 

Pertandingan dalam tempo cepat terjadi di menit awal babak pertama. Persipura memegang kendali permainan. Namun, Persipura harus puas menutup babak pertama tanpa gol. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Baca Juga

  • Rihanna Menguak Tabir Kencan Bersama Benzema dan Hamilton
  • Kasus Foto Mesum Menjerat Pemain Inggris dengan Gadis Pelajar
  • Belum Ada Gol di Babak 1 Duel Persipura Kontra Mitra Kukar

Memasuki babak kedua, Persipura mulai mengembangkan permainan. Hasilnya, Persipura membuka keran gol yang mampet di babak pertama berkat kerja sama sang kapten, Ian Louis Kabes dan Ricky Kayame

Ian Louis Kabes mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. Ricky Kayame yang berlari cepat melewati pemain belakang Mitra Kukar menyongsong bola dari belakang. Kiper Mitra Kukar, Shahar Ginanjar gagal membendung bola sontekan Ricky. Skor 1-0 untuk Persipura di menit 48.

Meski tertinggal 0-1, Mitra Kukar coba mengancam gawang Persipura. Peluang emas didapat striker  Yogi Rahadian di menit 59. Lepas dari kawalan Bio Pauline, Yogi melepaskan bola dengan tendangan voli dari dalam kotak penalti. Beruntung buat Persipura, bola membentur mistar dan terbuang keluar lapangan.

Pertandingan lebih banyak berkutat di lapangan tengah memasuki pertengahan babak kedua. Tempo pertandingan kembali meningkat jelang bubar. Jaelani Arey hampir menggandakan keunggulan Persipiura memanfaatkan kemelut di depan gawang Shahar Ginanjar. Tapi pemain Mitra Kukar berhasil menyapu bola. Skor 1-0 untuk keunggulan Persipura bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Meski kalah, Mitra Kukar berhak melanjutkan langkah ke babak perempat final setelah menempati posisi runner-up grup B dengan 6 poin. Naga Mekes unggul selisih gol atas Semen Padang. Sedangkan, Semen Padang kini masuk peringkat 3 terbaik dengan mengantongi 6 poin. Hanya 2 tim dari teratas dari peringkat 3 terbaik yang berhak melangkah ke fase knock-out. (Rjp/Win)

Susunan Pemain:

Persipura Jayapura: Ferdiansyah (GK); Bio Pauline, Dominggus Fakdawer, Yustinus Pae (Jaelani Arey'83), Ronny Berroperay, Lim Jun-Sik, Imanuel Wanggai (Elvis Harewan'73), Izaac Wanggai, Ian Louis Kabes, Ronald Sesmot (Ricky Kayame'46), Christoper Sibi (Lancine Kone'27).

Mitra Kukar: Sahar Ginanjar (GK); Michael Orah, Yanto Rudolf Basna, Arthur Cunna, Abdul Gamal, Rodrigo Dos Santos, Rizky Pellu, Hendra Ridwan (Muhammad Bachtiar'63), Defri Rizky, David Maulana, Dinan Javier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.