Sukses

Banjir Pemain Naturalisasi, Bagaimana Tanggapan Penggawa Timnas?

Beberapa klub IBL mulai menaturalisasi pemain.

Liputan6.com, Jakarta- Tak hanya timnas sepak bola, timnas basket Indonesia juga bakal dipenuhi banyak pemain naturalisasi. Beberapa klub peserta Indonesian Basketball League (IBL) kini sedang mengupayakan menaturalisasi pemain.

Aspac Jakarta sejak dua musim lalu sudah memiliki pemain naturalisasi asal Filipina Ebrahim Enguio Lopez. Kini Aspac sedang memproses satu lagi pemain naturalisasi yakni Anthony Hangrove Jr.

CLS Knights Surabaya juga punya pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson yang sudah unjuk gigi di turnamen pramusim IBL.

Adapun Pelita Jaya bakal menaturalisasi Anthony Cates Jr. Mereka pun punya pemain keturunan Indonesia yang lama main di Amerika Serikat, Brandon Jawato.

Dampak positif pemain-pemain impor menimbulkan kecemasan akan semakin banyak klub yang menjalankan program naturalisasi. Bukan tidak mungkin nantinya timnas Indonesia akan dihuni oleh mayoritas pemain naturalisasi.

Bagaimana pemain lokal menanggapi banyaknya pemain naturalisasi?  Bintang Satria Muda Christian Ronaldo Sitepu tak terlalu mempermasalahkannya. Dia melihat pemain lokal harus makin terpacu untuk bermain bagus.

"Dengan dibukanya keran naturalisasi, kalo kita sebagai pemain lokal harus bisa berkompetisi.  Mau ngak mau kan. Kita lihat saja, saya sih blak-blakan aja kalo kita gak bisa kompetisi ya nanti pemain naturalisasi yang main. Kita harus siap untuk itu," ujar Ronaldo.

Meski tak terlalu keberatan, Dodo, sapaan akrab Ronaldo berharap program naturalisasi tidak dijadikan jalan pintas untuk sekadar mencari prestasi. "Jangan jadi jalan pintas aja. Semoga pemain lokal bisa berkembang naik juga," tegas Dodo saaat ditemui Liputan6.com di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (1/12/2015).


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini