Sukses

5 Pemain Manchester United yang Lahir di Liga Amatir

Tidak selamanya pemain berlabel bintang lahir dari klub besar.

Liputan6.com, Manchester - Barcelona merupakan salah satu klub yang paling sering mencetak pemain bintang. Sebut saja Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez hingga Cesc Fabrgeas lahir di akademi Barcelona.

Namun tidak selamanya pemain berlabel bintang lahir dari klub besar. Klub asal Inggris, Manchester United menemukan lima pemain hebat yang lahir di liga amatir.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya!

Baca Juga

  • Pemain Kolombia Tekel Lawan yang Tak Terlihat, Hantu?
  • Martial 'Paksa' Anaknya Cintai MU
  • Batal Jadi Bintang Porno, Eks Madrid Gaet Model Seksi Lewat Bola


Chris Smalling

Smalling memulai kariernya di dunia sepak bola bersama Maidstone United tahun 2007. Maidstone United adalah sebuah klub amatir yang tampil di Liga Isthmian. Ketika itu, usianya masih 16 tahun dan Smalling masih duduk di bangku SMA. Di pertandingan terakhirnya bersama Maidstone United, Smalling mencetak gol saat melawan East Thurrock United.

Pada 2008, dia hengkang ke Fulham. Dua tahun berselang, pria berusia 26 tahun tersebut membuat manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson takjub. MU pun mendatangkannya dengan mahar 10 juta pound pada Januari 2010.



Gary Pallister

Bek tengah paling terkenal di klub amatir, Billingham Torn yang bermain di The Northern League. Ketangguhannya membuat Middlesbrough terpana dan membeli Gary Pallister tahun 1984.

Lima tahun bersama Middlesbrough, penampilannya di lini pertahanan semakin kokoh. Hal tersebut membuat Setan Merah--julukan MU--tertarik. Alex Ferguson berani membayar 2,3 juta pound untuk mendatangkan Pallister yang menjadikannya pemain termahal saat itu.

Tak percuma Ferguson mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan tanda tangan Pallister. Sebab, pria yang kini berusia 50 tahun itu telah memenangkan 4 gelar Liga Premier Inggris, 3 Piala FA dan 1 trofi UEFA Winner's Cup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peter Davenport

Peter Davenport

Satu lagi mantan pemain MU yang mengawali kariernya dari liga amatir, yaitu dari liga West Cheshire Cammell Laird. Namanya kain terkenal ketika memperkuat Nottingham Forest tahun 1982 hingga 1986.

Pada 1986, manajemen MU mengeluarkan mahar 750 ribu pound untuk mendatangkannya. Namun dua tahun berselang, Alex Ferguson melepasnya karena menemukan pemain yang lebih hebat, yakni Brian McClair. Devenport pun hengkang ke Middlesbrough.



Ben Foster

Racing Club Warcik yang bermain di Liga Amatir Inggris adalah klub pertama Ben Foster sebelum bakatnya tercium oleh Stoke City tahun 2001. Bersama Stoke City, Ben Foster juga sempat dipinjamkan Stoke City ke klub amatir, Wrexham tahun 2005.

Namun hidung Alex Ferguson bisa mengendus bakat kiper kelahiran Leamington Spa tersebut. Tahun 2005, Ben Foster bergabung dengan MU dan menjadi cadangan kiper utama Setan Merah, Edwin van der Sar hingga tahun 2010.



David Sadler

David Sadler merupakan pemain serbabisa Setan Merah tahun 1963 hingga 1973. Dia bisa bermain sebagai bek, gelandang atau striker.

Sebelum bergabung dengan MU, dia bermain bersama Maidstone United di Liga Isthmian. Manajer legendari MU, Matt Busby mencium bakatnya dan membawa Sadler ke Old Trafford. Sadler pun tak mengecewakan Matt Busby, dia berhasil menjuarai FA Cup tahun 1963 dan mempersembahkan dua gelar Liga Premier Inggris tahun 1965 dan 1967. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini