Sukses

Perdana, Kejuaraan Silat Indonesia Diminati Peserta Luar Negeri

Pertamina Championship berlangsung di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan turnamen pencak silat nasional. Kejuaraan ini digelar pada 3 - 6 Desember mendatang.

Pertamina Championship berlangsung di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, diikuti oleh Kelatnas Indonesia Perisai Diri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kejuaraan ini mempertandingkan beberapa nomor, yakni pertarungan bebas, pertarungan serang hindar, kerapian teknik serta nomor tunggal IPSI. Nomor-nomor pertandingan itu dibagi dalam beberapa kelompok, yakni putra dan putri baik dalam kategori dasar, junior dan senior.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya menggelar acara ini untuk melestarikan budaya bangsa. Dia juga ingin mengembangkan olahraga silat agar bisa menemukan pesilat berprestasi.

"Kami berharap acara ini menjadi momentum pelestarian budaya bangsa ketika negara ini sudah didominasi seni bela diri dari luar," kata dia, Jumat (4/12/2015).

"Orang luar saja, seperti dari Jepang ikut kejuaraan ini. Masa kita sebagai warga negara tidak mau mengembangkannya. Acara ini juga dimaksudkan untuk pembinaan pesilat muda," Soetjipto menambahkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pertamina Championship, Mardjo Soebandiono berharap kejuaraan ini bisa digulirkan setiap tahun. Menurutnya, banyak manfaat dari bergulirnya ajang ini.

"Acara ini menjadi pusat perhatian pembina, pelatih serta pengamat olahraga silat, khususnya di ruang lingkup Kelatnas Indonesia Perisai Diri," kata dia secara singkat. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Karate