Sukses

Indonesia Gondol Satu Emas di Kejuaraan Anggar Internasional

Bayu jadi juara di kelompok U-14 putra.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia berhasil merebut satu medali emas di kejuaraan anggar internasional “The Jakarta Challenge International Fencing Championship II-2015”. Muhammad Bayu jadi yang terbaik di kelompok U-14 putra.

Di partai final kejuaraan yang digelar di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur ini, Bayu mengalahkan sesama wakil Indonesia, M. Chikal. Pertemuan Bayu dengan Chikal jadi satu-satunya satu-satunya “all Indonesian final” dari 10 kelompok yang dipertandingkan.

“The Jakarta Challenge International Fencing Championship II-2015” merupakan satu-satunya kejuaraan anggar berskala internasional yang digelar di Indonesia dalam lima tahun ke belakang.

“Kita akan menyelenggarakan Asian Games tahun 2018, kita perlu mendukung dengan cara melaksanakan kejuaraan internasional seperti ini,” ujar Ganefiono, ketua panitia JCIFC 2015.

JCIFC yang berlangsung sejak 12 Desember diikuti oleh lebih dari 120 atlet dari usia kurang dari 10 tahun hingga maksimal 20 tahun. Selain Indonesia yang terdiri dari beberapa daerah di Jakarta, Kerawang, Tangerang, Palembang, Pontianak, juga hadir atlet-atlet muda dari Malaysia, Filipina, Korea Selatan dan Thailand.

Beberapa negara ini mengirimkan atlet-atlet terbaiknya yang bahkan sering memenangi pertandingan di luar negeri dan negerinya sendiri.

“Kesuksesan ajang internasional ini akan membuktikan pula bahwa Indonesia melakukan berbagai aktivitas pertandingan secara regular kepada dunia,” ujar Ganefiono. Event ini juga telah masuk agenda di Federasi Olahraga Anggar Malaysia.

Rencananya tahun depan panitia kemungkinan besar akan menggelar kejuaraan internasional ini di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang pada bulan Mei.

HASIL KEJUARAAN (13 Desember 2015)

U10 Boy
Juara I: Ji Woo Choi (Korea Selatan)
Juara II: Hyungju Kim (Korea Selatan)
Juara III (Bersama): Dylan F. (Malaysia) dan Jovan Kwan Ji (Malaysia)

U10 Girl

Juara I: Surayya R. (Malaysia)
Juara II: Putri K.S. (Indonesia)
Juara III (Bersama): Alleyda S.O (Indonesia) dan Ava Lara H. (Malaysia)

U14 Boy

Juara I: Muhammad Bayu (Indonesia)
Juara II: M. Chikal (Indonesia)
Juara III (Bersama): Emil Bekking (Malaysia) dan  Aldo Pratama (Indonesia)

U20 Men

Juara I: Perez N. (Filipina)
Juara II: Samuel T. (Filipina)
Juara III: Ihsan (Indonesia) dan Tristan C.X.H (Malaysia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.