Sukses

Diejek Pemain, Wasit Ini Akhirnya Mengaku sebagai Gay

Kennedy memberanikan diri menyatakan sebagai penyuka sesama jenis.

Liputan6.com, Boston- Salah satu wasit top NBA Bill Kennedy akhirnya mengakui secara terbuka bahwa dirinya seorang gay. Kennedy membuat pengakuan kepada publik setelah pemain NBA Rajon Rondo melakukan hinaan anti-gay yang ditujukan kepadanya saat memimpin pertandingan.

"Saya bangga menjadi seorang wasit NBA dan saya bangga menjadi seorang gay," kata Kennedy kepada Yahoo Sports, Minggu 13 Desember 2015 malam waktu Amerika Serikat.

Kennedy ingin keberaniannya ini diikuti pelaku olahraga lain untuk tidak perlu takut mengungkapkan jati diri mereka sebenarnya.

"Saya mengikuti jejak orang lain yang memiliki kepercayaan diri dengan harapan ini akan mengirimkan pesan kepada pria dan wanita muda dalam dunia olahraga bahwa Anda harus memungkinkan tidak ada yang membuat Anda merasa malu dengan siapa diri Anda," tutur Kennedy.

Keberanian Kennedy secara terbuka mengakui dirinya seorang gay dapat dukungan dari NBA. "Saya sepenuh hati mendukung keputusan Bill untuk menjalani kehidupan dengan bangga dan terbuka," kata Commissioner NBA, Adam Silver.

Pernyataan terbuka Kennedy ini terjadi kurang dari dua minggu setelah dirinya mendapat hinaan anti-gay dari Rondo ketika Sacramento Kings melawan Boston Celtics pada laga NBA yang digelar di Meksiko 3 Desember.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti Jejak Violet Palmer

Rondo mendapat hukuman skorsing satu laga akibat menghina Kennedy dengan ejekan anti-gay. Mantan pemain Celtics itu kemudian meminta maaf melalui media sosial. Rondo mengaku saat itu hanya sedang frustrasi dan emosi akibat diusir keluar lapangan oleh Kennedy.

"Kejadian itu benar-benar tidak mencerminkan perasaan saya terhadap komunitas LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender). Saya tidak bermaksud untuk menyinggung atau tidak menghormati siapa pun," kicau Rondo belum lama ini.

Kennedy merupakan salah satu wasit senior di NBA. Dia sudah 18 musim bertugas di kompetisi bola basket terbesar di dunia itu. Total Kennedy telah memimpin lebih dari 1.000 pertandingan reguler dan lima partai NBA Finals.

Dia juga menjadi satu-satunya wasit yang memimpin NBA All-Star, NBA Finals dan perebutan medali perunggu Olimpiade di tahun yang sama.

Kennedy menjadi wasit NBA kedua yang mengaku penyuka sesama jenis. Pada 2014, wasit wanita Violet Palmer juga berani mengungkapkan dirinya seorang lesbian. Violet membenarkan telah menikahi kekasih wanitanya yang sudah dipacarinya selama 20 tahun, Tanya Stine. (*)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.