Sukses

Orang Ini Merasa Paling Berjasa dengan Sukses Ronaldo dan Messi

Jean-Marc Bosman punya andil besar terhadap dunia sepak bola modern.

Liputan6.com, Brussels - Namanya Jean-Marc Bosman. Ia memang bukan pesepak bola terkenal. Tapi, pria asal Belgia ini punya andil besar terhadap dunia sepak bola modern.

Semua itu berawal saat kontrak Bosman bersama Standard Liege berakhir pada 1990. Ia kemudian mencoba mencari klub baru. Dunkirk pun tertarik untuk menggunakan jasa pemain berposisi gelandang tersebut. Tapi, niat klub asal Prancis itu ditolak Liege dengan mematok harga. Alhasil, Bosman pun tidak bisa pindah ke klub baru walau kontraknya sudah habis.

Baca Juga

  • Keterampilan Striker Leicester Dinilai Setara dengan Messi
  • Bintang Liverpool Gebet Model Majalah Playboy
  • 5 Hal yang Harus Diubah Van Gaal di MU untuk Atasi Krisis

Selanjutnya, Bosman justru dipaksa bermain dengan tim muda dan gajinya dipotong. Bosman protes. Ia lantas mengajukan kasus ini ke Mahkaman Uni Eropa. Pada 1995, Mahkamah Uni Eropa mengeluarkan dua putusan besar.

Pertama, klub tidak lagi bisa menetapkan harga bagi pemain yang kontraknya sudah habis. Kedua, sistem kuota yang mengatur berapa jumlah pemain asing dalam satu klub juga berubah. Semua klub dibolehkan untuk membeli banyak pemain dari negara Uni Eropa lainnya sebanyak yang mereka mau.

Peraturan Bosman, begitulah putusan ini kemudian dikenal luas. Sejak itu, banyak klub memanfaatkan hasil putusan tersebut. Hari ini, Selasa (20/12/2015), menandai 20 tahun putusan itu berlaku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjasa dengan Sukses Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Bosman pun mengatakan dirinya menjadi alasan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi meraih sukses luar biasa saat ini. "Jika Ronaldo dan Messi memenangkan apa yang mereka menangi, itu berkat saya," kata Bosman seperti dilansir Marca.

"Mereka diizinkan untuk bermain bersama pemain terbaik di Eropa di klub mereka dan terima kasih kepada mereka yang dapat memenangkan lebih banyak gelar serta uang."

Yup, Ronaldo dan Messi banyak meraih gelar bersama klub. Tak hanya itu, mereka juga memenangkan sejumlah penghargaan individu, seperti Ballon d'Or. Dalam tujuh tahun terakhir, Ronaldo dan Messi bergantian memenangkan penghargaan tersebut. Ronaldo tiga kali, yakni 2008, 2013, dan 2014. Sementara Messi empat kali, yaitu 2009, 2010, 2011, dan 2012.

Sayangnya, Ronaldo dan Messi belum menuai presitasi bersama tim nasional. ""Kami telah melihat, ketika mereka dengan tim nasional, itu tidak begitu mudah untuk menang," ucap Bosman.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini