Sukses

5 Pelatih yang Pantas Gantikan Mourinho di Chelsea

Apakah Mourinho bakal dipecat Chelsea di pertengahan musim?

Liputan6.com, London: Manajer Chelsea, Jose Mourinho dalam posisi sulit. Penampilan anak asuhnya belum juga membaik hingga pekan ke-16 Liga Inggris. Teranyar, The Blues dipermalukan Leicester City dengan skor 1-2.

Itu menjadi kekalahan ke-9 Chelsea musim ini di Liga Inggris. Meski The Blues lolos ke fase knock out Liga Champions, sang pemilik, Roman Abramovich, dikabarkan sedang gelisah dengan fakta tim miliknya terpuruk di klasemen Liga Inggris.

Baca Juga

  • Sosok Ini Tak Memihak Rossi atau Lorenzo, Yamaha Juara
  • Bukan MU, Klub Ini yang Paling Banyak Ditonton Suporternya
  • Barcelona Vs Guangzhou: Awas Gigitan Harimau

Rabu 16 Desember 2015, manajemen Chelsea dikabarkan mengadakan rapat mendadak meski belum ada keputusan apa-apa.

Menilik fenomena ini, siapakah yang pantas menggantikan Mourinho jika dipecat? Berikut Liputan6.com coba untuk menyebut beberapa pelatih yang layak gantikan Mourinho, siapa saja? Simak di 5 halaman berikutnya:


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

1. Diego Simeone

Bos Chelsea Roman Abramovich kabarnya kepincut tangan dingin Simeone yang mampu membawa Atletico Madrid menjadi tim tangguh meski materi pemainnya biasa-biasa saja.

Chelsea siap membayar kompensasi kepada Atletico agar Simeone diperbolehkan bergabung ke Stamford Bridge menggantikan Mourinho. Ketertarikan Abramovich sudah terjadi sejak jauh hari sebelum Mourinho pulang ke Chelsea. Jika Mourinho tetap di Madrid, bukan tak mungkin Simeone yang jadi pelatih Chelsea kala itu.

3 dari 6 halaman

2

2. Carlo Ancelotti

Ancelotti saat ini sedang menganggur. Dia memilih cuti setelah dipecat Madrid akhir musim lalu. Namun tawaran kembali melatih Chelsea tampaknya akan membuat Ancelotti bisa berubah pikiran dan kembali bekerja di musim ini.

Pria 56 tahun itu bukan sosok asing bagi Chelsea. Dia pernah membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris dan Piala FA di tahun 2009. Namun dalam beberapa pernyataannya kepada media, Ancelotti sepertinya lebih ingin melatih klub Liga Inggris lainnya. Dia malah mendukung Jose Mourinho untuk tetap duduk di kursi pelatih.

4 dari 6 halaman

3

3. Antonio Conte

Pelatih timnas Italia ini memang sulit untuk didatangkan hingga Piala Eropa 2016 selesai. Namun, reputasi Conte sudah cukup untuk mengantarkannya duduk di kursi panas pelatih Chelsea.

Meski belum terlalu lama menjadi pelatih, karier Conte cukup melesat. Terbukti, dia berhasil membawa Juventus mendominasi di serie A Italia selama tiga musim beruntun. Dimungkinkan pula bagi Conte untuk merangkap jabatan seperti yang terjadi kepada Guus Hiddink ketika merangkap jabatan pelatih timnas Belanda dan Chelsea.

5 dari 6 halaman

4

4. Josep Guardiola

Siapa yang tak mau memakai jasa Josep Guardiola? Pelatih asal Katalunya ini begitu sukses dengan Barcelona. Dia juga cukup berhasil mempertahankan dominasi Bayern Muenchen di kancah Bundesliga Jerman, meski belum berhasil mengantarkan tim asal Bavaria ini sebagai juara Liga Champions.

Sangat dimungkinkan bagi Guardiola untuk hengkang dari Muenchen di akhir musim ini. Meski belum terungkap gabung klub mana, Chelsea bisa menjadi destinasi berikutnya bagi Guardiola yang dikabarkan sudah tak mau perpanjang kontrak di Muenchen. Sentuhan ala Guardiola sangat mungkin membawa Chelsea kembali berjaya.

6 dari 6 halaman

5

5. Ronald Koeman

Manajer asal Belanda yang kini melatih Southampton ini juga pantas diapungkan menjadi kandidat kuat pengganti Jose Mourinho. Berkat polesan Koeman, Southampton berhasil menjadi tim yang cukup disegani di Liga Inggris meski hanya bermaterikan pemain yang pas-pasan.

Memang popularitas Koeman masih kalah dibandingkan manajer-manajer top lainnya. Namun kabar yang beredar menyebutkan jika Koeman diplot menjadi manajer sementara jika Mourinho dipecat di pertengahan musim. 

Meski demikian, Koeman pantas dipertimbangkan untuk jadi manajer permanen karena kelihaiannya memoles pemain-pemain biasa menjadi luar biasa seperti yang diperlihatkannya di Southampton. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini