Sukses

Del Bosque Pensiun Usai Piala Eropa 2016

Vicente del Bosque berharap bisa mencapai prestasi tinggi usai mendampingi Timnas Spanyol di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Madrid - Dipercaya sebagai pelatih Timnas Spanyol sejak 2008, Vicente del Bosque telah memberikan dua gelar juara. Pertama, trofi Piala Dunia 2010. Setelah itu, pelatih berusia 64 tahun membawa Timnas Spanyol mempertahankan trofi Piala Eropa pada 2012.

Sayang, pada Piala Dunia 2014 di Brasil, del Bosque gagal membawa Timnas Spanyol untuk mempertahankan gelar juara. Saat itu, Iker Casillas cs gagal lolos dari fase grup.

Baca Juga

  • Presisi: Analisa Kekuatan Inter, Magis Mancini?
  • Moratti: Pemecatan Mourinho Menyedihkan
  • Duo Persib Kembali Diincar Klub Malaysia

Tahun depan, Del Bosque memiliki kesempatan membawa Timnas Spanyol untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa yang digelar di Prancis. Kompetisi tersebut akan menjadi turnamen terakhir Del Bosque bersama Spanyol dan ia berharap bisa menyelesaikannya dengan prestasi bagus.

"Kalau semua berjalan sesuai rencana, usai Piala Eropa 2016 saya akan meninggalkan tim nasional dan RFEF," tulis Del Bosque dalam bukunya yang diberi judul Winning and Losing: Emotional Strength seperti dirilis ke media Spanyol dan dilansir Soccerway, Jumat (18/12/2015).

"Saya sudah 8 tahun menjadi pelatih tim nasional dan tidak mau lagi memperpanjang tugas," katanya.

Timnas Spanyol akan bertanding dalam pemanasan terakhir Piala Dunia mereka melawan El Salvador di Washington D.C. pada 7 Juni 2014.

"Keinginan terbesar saya adalah menanggalkan jabatan dalam prestasi tinggi. Saya sebenarnya bisa pensiun lebih lama lagi, tetapi saya ingin seperti orang Spanyol pada umumnya yang pensiun di usia kebanyakan orang," ucap mantan pelatih Real Madrid itu.

"Saya mempertimbangkan keistimewaan diri saya yang memiliki kesempatan menikmati gairah sepak bola sebagai karier. Mulai sekarang, ketika saya pensiun, saya sudah melihat ke masa depan," kata dia. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.