Sukses

Cerita Ahmad Jayadi Pernah Membalap Lawan Rossi

Ahmad Jayadi bersama tiga pembalap Indonesia lainnya tampil di MotoGP 1997.

Liputan6.com, Jakarta: Rencana Indonesia untuk menghelat MotoGP 2017 seakan menguak kenangan eks pembalap senior Indonesia, Ahmad Jayadi. Pria yang pernah membela Yamaha dan Honda ini dulu sempat membalap lawan Rossi pada MotoGP 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor.

Seperti apa kesan Jayadi dengan momen itu? "Saat itu sudah bisa masuk grid dan membalap saja sudah syukur. Balapan saat itu belum maju seperti sekarang," katanya kepada Liputan6.com.

Baca Juga

  • Dipecat Chelsea, Mau ke Mana Mou?
  • 5 Pelatih yang Pantas Gantikan Mourinho di Chelsea
  • 38 Pembalap Roda Dua dan Empat Raih IMI Award

Jayadi dan Rossi sama-sama membalap di kelas 125 cc pada balapan yang berlangsung 28 September 1997 itu. Sayang, Jayadi sebagai tim pabrikan Yamaha Indonesia tak bisa berbuat banyak di balapan yang akhirnya dimenangkan Rossi.

Dia berhenti tak lanjutkan balapan, sama seperti tiga pembalap Indonesia lainnya Rudi Arianto, Irvan Octavianus (Yamaha) dan Nasrul Arif (Honda) yang juga tak lanjutkan lomba.

"Motor kami beda banget. Dari bunyi knalpot saja sudah ketahuan beda tenaganya. Saya saat itu bisa ikutan balapan karena terpilih lewat seleksi," ujar Jayadi yang kini memiliki bengkel sendiri di Bekasi, mengenang.

Ahmad Jayadi saat hadiri IMI Award(Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Jayadi mengatakan, Rossi yang membalap untuk Aprilia sudah terlihat sangat jago. Diakuinya, Rossi juga bukan pembalap yang sombong.

"Dia peduli dengan pembalap lain. Saya ingat dia waktu itu bilang kami harus semangat dan terus fokus jika ingin terus maju," tandasnya.

Jejak Ahmad Jayadi kemungkinan besar diikuti Ahmad lainnya yaitu Ahmad Yudhistira. Berita selengkapnya bisa dilihat di halaman berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Ahmad Yudhistira

Jejak Ahmad Jayadi kemungkinan besar diikuti Ahmad Yudhistira. Prestasi pembalap Indonesia asal Kalimantan Selatan ini cukup lumayan. Dia berada di posisi tiga klasemen akhir Kejuaraan Balap Motor Asia (ARRC) 2015.

Dia meraih prestasi itu saat gabung dengan Kawasaki Manual Tech.Jika saja tak terjatuh pada race 2 seri terakhir ARRC Thailand, pemuda asal Binuang Kalsel itu tentu meraih prestasi lebih tinggi lagi. 

Lalu apa rencana Yudhistira setelah ini? Kepada liputan6.com diakuinya, jika saat ini dia sedang merintis jalan menuju MotoGP. Targetnya tentu ingin tampil di MotoGP 2017 saat digelar di Indonesia nanti. "Sudah ada rencana ke arah sana. Tinggal bantu doanya supaya bisa terealisasi," ujarnya lewat pesan singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini