Sukses

Drama Adu Penalti Menangkan Arema atas PBFC

Dua algojo PBFC gagal eksekusi penalti dengan baik.

Liputan6.com, Sleman: Drama adu penalti berhasil menangkan Arema Cronus atas Pusamania Borneo FC pada laga terakhir grup E babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman, Selasa (22/12/2015). Arema berhasil menang 5-4 lewat adu penalti di laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo itu.

Dua algojo PBFC yakni Diego Michels dan Stevanus Bunggaran gagal eksekusi penalti. Keduanya gagal melanjutkan eksekusi sukses dari Ponaryo, Goran Gancev, Herman Dzumafo dan Sandhy Sute.

Sedangkan di kubu Arema hanya Samsul Arif yang gagal eksekusi penalti. Arema sukses eksekusi penalti lewat Esteban Vizcara, Mossi, Sukadana, Cristian Gonzales dan Hasyim Kipuw.

Dengan hasil ini, Arema dengan demikian kokoh di puncak klasemen grup E dengan 8 poin. Sedangkan PBFC tetap berada di posisi dua dengan 6 poin.

Sejak kick off, Arema lebih banyak mendominasi pertandingan. Beberapa kali "Singo edan" mendapatkan peluang emas tapi gagal berbuah gol. Menit ke-12, Esteban Vizcara yang baru masuk gantikan Dio Permana lepas tembakan keras tapi masih mengenai kaki bek Goran Ganzev.

Begitupula dengan peluang di menit ke-16 untuk Arema. Memanfaatkan umpan tendangan bebas Ferry Aman Saragih, sundulan Cristian Gonzales masih melambung ke atas gawang.

Saat pertandingan seakan berlangsung tanpa gol hingga jeda water break, suasana malah berubah drastis. Arema yang mendominasi pertandingan malah kebobolan gol di menit ke-31. Gol Febri Hamzah terjadi setelah dia berhasil manfaatkan umpan terobosan. PBFC pun unggul 1-0.

Namun keunggulan ini tak berlangsung lama karena Arema mampu membalas lewat Ferry Aman Saragih di menit ke-32. Dia manfaatkan umpan mendatar yang terukur dari Alfarizie. Skor kembali berubah jadi sama kuat 1-1.

Setelah gol penyeimbang ini, Arema kembali mendominasi pertandingan. Tapi belum ada tambahan gol. Sedangkan PBFC kembali mampu terapkan strategi serangan balik yang cepat. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak 2

Di babak kedua, Arema tetap gencar menyerang pertahanan PBFC. Usaha Arema membuahkan hasil saat Dendi Santoso mencetak gol di menit ke-53.

Gelandang Arema ini merebut bola dari Zulvin Zamrun yang ceroboh saat kontrol bola. Skor pun berubah 2-1 untuk kemenangan Arema. Namun Blunder konyol dari kiper Arema Cronus, I Made Wardana membuat skor berubah menjadi 2-2.

Wardana seharusnya bisa menahan tembakan jarak jauh dari Herman Dzumafo di menit ke-64. Namun karena salah posisi, Wardana pun gagal membendung tembakan Dzumafo yang berbau spekulasi itu. Pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti dan Arema berhasil menang 5-4.

Susunan Pemain

Arema: I Made Wardana; Hasyim Kipuw, Kiko, Purwoko, Junda;Hendro, Ferry; Dio P/Esteban Vizcara (12), Dendy/Mossi (60), Juan Revi; C Gonzales

Pusamania Borneo FC: Galih Sudaryono;Zulvin,Goran, Hamka,Diego Michels;Ade Jantra,Ponaryo,Hermansyah;Arpani,Wayudi,Febry/Dzumafo (61)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.