Sukses

Magis Guardiola Siap Sihir Liga Inggris

Simak kehebatan Guardiola dan infografis dari kanal bola Liputan6.com.

Liputan6.com, Muenchen: Josep Guardiola menjadi pembicaraan hangat di seantero Inggris. Maklum, pelatih Bayern Muenchen ini bakal hengkang ke Liga Inggris.

Ada tiga klub besar yaitu Chelsea, Manchester city dan Manchester United yang sudah siap memakai jasa pria asal Katalunya itu. Guardiola dipastikan hijrah ke Liga Inggris usai mengakhiri kontraknya dengan Muenchen akhir musim nanti.

Baca Juga

  • Liga Sepak Bola Lingerie Menuai Kecaman, Seperti Apa Bentuknya?
  • 7 Olahraga Teraneh yang Bikin Geleng-geleng
  • Pelatih MU Ngamuk, Verheijen: Kondisi Van Gaal Masih Stabil

Nama Guardiola mulai harum kala membesut Barcelona di musim 2008/09. Sempat diragukan bisa menggantikan Frank Rijkaard yang dipecat Barcelona kala itu, Guardiola malah menghentak dunia karena berhasil boyong 6 gelar di musim pertamanya di Barcelona.

Guardiola yang mengasah insting kepelatihan di Barcelona B tahu betul seperti apa mantan klubnya itu. Buktinya dia berhasil memoles pemain seperti Lionel Messi, Gerard Pique, Sergio Busquets dan Pedro Rodriguez menjadi pemain yang penting.

Dia pula yang menegaskan kembali permainan tiki-taka di Barcelona yang sempat  hilang. Meski permainan tiki-taka Barcelona kini sudah berubah menjadi kombinasi antara permainan cepat dan bola-bola panjang yang akurat. Ungkap formasi andalan Guardiola di halaman berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Formasi Guardiola

Secara teknis, Guardiola tipikal pelatih dinamis. Di Barcelona, Guardiola memang tak pernah keluar dari pakem 4-3-3 atau sesekali pakai pola 3-4-3.

Namun di Muenchen, Guardiola sedikit mengubah formasi kesukaannya. Dia bahkan menempatkan bek kanan Philip Lahm sebagai gelandang bertahan di formasi 4-1-4-1.
8. Gelar Piala Raja Spanyol menjadi persembahan terakhir Josep Guardiola untuk klub yang sudah membesarkan namanya, Barcelona. Bersama Barca, Pep sukses meraih 14 gelar. (AFP/Rafa Rivas)Saat jadi pemain Barcelona pada 1990-2001, Guardiola bermain sebagai gelandang bertahan yang cukup sukses. Dia berhasil memboyong 16 trofi saat masih jadi pemain.

Salah satu yang fenomenal yaitu ketika menjadi juara La Liga empat musim beruntun sejak 1990/91 hingga 1993/94.

Sejauh ini, Guardiola belum mau komentar banyak soal kepindahannya ke Inggris. "Saya dalam bus menuju bandara. Setelah itu baru kita bicara," ujar pelatih berusia 44 tahun itu seperti dikutip Bild.

Simak klub pilihan Guardiola dan infografis menarik di halaman berikutnya.

3 dari 3 halaman

Klub Pilihan Guardiola dan Infografis

Guardiola diperebutkan tiga klub besar Liga Inggris. Klub yang memiliki kans paling besar untuk memakai jasa Guardiola adalah Manchester City. Itu terjadi karena City berpeluang untuk tetap berlaga di Liga Champions musim depan.

Adapun Manchester United dan Chelsea masih labil. Terlebih The Blues yang masih harus berjuang keluar dari zona degradasi musim ini. Guardiola sudah menegaskan belum ingin meninggalkan Liga Champions musim depan.

Meski masih berpeluang untuk mendapatkannya dari Muenchen musim ini, Guardiola masih terobsesi untuk mengulang sukses merebut dua gelar Liga Champions saat masih dengan Barcelona.

Untuk mengetahui lebih dalam soal Guardiola, ada baiknya simak infografis di bawah ini. (*)

Infografis Josep Guardiola, magis dan prestasi siap sihir Liga Inggris (Abdilla/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini